Problematika Pembelajaran Agama Islam di Panti Asuhan Darunnajah Mranggen Demak

Khoerul Umam, Muhammad (2013) Problematika Pembelajaran Agama Islam di Panti Asuhan Darunnajah Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083111166_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083111166_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (660kB) | Preview
[thumbnail of 083111166_Bab1.pdf]
Preview
Text
083111166_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 083111166_Bab2.pdf]
Preview
Text
083111166_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 083111166_Bab3.pdf]
Preview
Text
083111166_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 083111166_Bab4.pdf]
Preview
Text
083111166_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 083111166_Bab5.pdf]
Preview
Text
083111166_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 083111166_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083111166_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Bagaimana problematika pembelajaran agama Islam yang terjadi di Panti Asuhan Darunnajah Mranggen Demak (2). Bagaimana upaya solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran agama Islam di Panti Asuhan Darunnajah Mranggen Demak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan naturalistik, pendekatan ini memandang kenyataan sebagai suatu berdimensi jamak, utuh dan merupakan suatu kesatuan. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika pembelajaran agama Islam yang terjadi di Panti Asuhan Darunnajah Mranggen Demak meliputi; (1) problem yang terkait dengan sikap pasif anak asuh dalam proses pembelajaran dan kurangnya minat dan motivasi anak asuh dalam belajar, pendidik dalam menyampaikan materi yang masih bersifat verbalisme yaitu berupa lisan dan kata-kata, tidak adanya kesesuaian materi dengan tingkat pemahaman anak asuh karena tidak adanya sistem penempatan kelas, dan penggunaaan metode pembelajaran yang monoton dan tidak adanya sistem evaluasi secara tertulis untuk menilai sejauh mana pengetahuan tentang agama Islam selama proses pembelajaran. (2) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran agama Islam di Panti Asuhan Darunnajah Mranggen Demak yaitu dengan merencanakan pembelajaran secara baik dan sesuai kebutuhan anak asuh, penggunaaan metode pembelajaran yang menciptakan pembelajaran aktif seperti melaksanakan CTL agar pembelajaran lebih bermakna bagi anak asuh dan anak asuh tidak hanya menghafal materi pelajaran, melaksanakan evaluasi pembelajaran yang baik, menyediakan media pembelajaran yang dapat membantu memahamkan anak asuh dalam pembelajaran agama Islam, penguasaan materi dengan lebih banyak mengarahkan pemahaman materi dengan belajar aktif anak asuh bukan mendikte, membagi anak asuh dalam beberapa kelas sesuai dengan tingkat pengatahuan anak asuh dan perlu kerjasama diantara pengasuh, ustadz, anak asuh dan pengurus yayasan Darunnajah Mranggen Demak untuk meningkatkan pembelajaran anak asuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Agama Islam; Panti Asuhan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 10 Dec 2013 07:39
Last Modified: 10 Dec 2013 07:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics