Studi Korelasi Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMPN 4 Cepiring Kendal Tahun Ajaran 2012/2013

Falah, Nurul (2013) Studi Korelasi Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMPN 4 Cepiring Kendal Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111170_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111170_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111170_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111170_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111170_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111170_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111170_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas korelasi antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP N 4 Cepiring. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab; (1) Bagaimana tingkat pendidikan orang tua siswa kelas VIII SMP N 4 Cepiring. (2) Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP N 4 Cepiring. (3) Adakah korelasi antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP N 4 Cepiring. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi (correlation research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket untuk memperoleh data tentang tingkat pendidikan orang tua siswa dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Subyek penelitian sebanyak 30 peserta didik dari 196 peserta didik kelas VIII di SMP N 4 Cepiring atau 15% dari keseluruhan populasi. Adapun dalam pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pendidikan orang tua siswa kelas VIII SMP N 4 Cepiring mempunyai nilai rata-rata yaitu 41,8 yang dikategori cukup, yaitu berada pada interval 41-43. (2) Pestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP N 4 Cepiring mempunyai nilai rata-rata 82,7 yang dikategori cukup, yaitu berada pada interval 82-87. (3) Ada korelasi antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP N 4 Cepiring, ditunjukkan oleh diperoleh hasil rxy = 0,467 yang kemudian angka tersebut dikonsultasikan dengan menggunakan tabel r product moment yang hasilnya adalah rxy = 0,467 > 5% (0, 467 > 0,361) dan rxy = 0, 467 > 1% (0, 467 > 0,643) yang berarti signifikan. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua siswa maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Sehingga hipotesis yang menyatakan ada korelasi positif antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP N 4 cepiring yang diajukan adalah diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Orang Tua; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 10 Dec 2013 07:40
Last Modified: 10 Dec 2013 07:40
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/768

Actions (login required)

View Item View Item