Studi Korelasi antara Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Pendidik dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih VIII MTs Nurul Huda Dempet Kab. Demak

Ahadi, Waqoful (2013) Studi Korelasi antara Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Pendidik dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih VIII MTs Nurul Huda Dempet Kab. Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111178_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111178_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111178_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111178_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111178_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111178_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111178_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi banyak faktor yang menjadi penyebab dari rendahnya motivasi yang ada pada siswa, salah satunya adalah kompetensi profesional yang dimiliki oleh seorang guru. Kebanyakan siswa kelas VIII di MTs Nurul Huda Dempet kurang berminat untuk belajar, tidak terkecuali juga pada mata pelajaran Fiqih. Mereka beranggapan bahwa mata pelajaran Fiqih tidak penting karena tidak diujikan dalam Ujian Nasional. Rendahnya motivasi yang ada ternyata dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kompetensi profesional pendidik dalam proses belajar mengajar. Untuk kepentingan tersebut guru dituntut membangkitkan motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Semakin kuat motivasi belajar, maka semakin baik pula prestasi belajar yang akan dicapai siswa. Mengingat begitu pentingnya motivasi dalam belajar maka seseorang pendidik atau guru, apalagi guru fiqih, harus sebisa mungkin menguasai dan mengembangkan materi ketika menyampaikan materi pelajaran dan tidak mudah marah walaupun banyak siswa yang kurang bisa menangkap penjelasan dari seorang guru. Dari hal itu siswa akan mempersepsi guru sebagai seorang guru yang profesional dan sabar dalam menghadapi siswanya Apakah terdapat korelasi Positif antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional pendidik dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Nurul Huda Dempet Kab. Demak Tahun Ajaran 2012/2013? Jenis penelitian ini riset lapangan (field Risearch) dengan menggunakan correlation risearch, yang bertujuan untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan pada koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat Korelasi antara Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Pendidik dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Nurul Huda Dempet Kab. Demak Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan bahwa rxy = > rt (0,05) = 0,349 dan rxy = > rt (0,01) = 0,449. Dengan rxy > rt ( 0,05 dan 0,01) ada hubungan positif Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Pendidik dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII MTs Nurul Huda Dempet Kab. Demak Tahun Ajaran 2012/2013 adalah diterima atau terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pendidik; Motivasi Belajar; Fikih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 10 Dec 2013 07:41
Last Modified: 10 Dec 2013 07:41
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item