Pengaruh Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran PAI terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA Pada Materi Tata Cara Pengurusan Jenazah di SMA N 1 Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/ 2012

Laksita sari, Santi (2012) Pengaruh Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran PAI terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA Pada Materi Tata Cara Pengurusan Jenazah di SMA N 1 Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/ 2012. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 083111173_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083111173_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of 083111173_Bab1.pdf]
Preview
Text
083111173_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 083111173_Bab2.pdf]
Preview
Text
083111173_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 083111173_Bab3.pdf]
Preview
Text
083111173_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 083111173_Bab4.pdf]
Preview
Text
083111173_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 083111173_Bab5.pdf]
Preview
Text
083111173_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 083111173_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083111173_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran di kelas yang menggunakan video dan pembelajaran di kelas yang tidak menggunakan video. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMA N 1 Pulokulon Kabupaten Grobogan. Eksperimen dilakukan satu kali yaitu dengan cara menampilkan video sebagai media pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA, sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan metode tes, dokumentasi dan observasi. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbanganya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan hasil nilai tes awal (pre test). Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan media video dan kelas kontrol tanpa menggunakan video. Setelah data akhir di dapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan t-test. Berdasarkan perhitungan t-test dengan taraf signifikan 5% diperoleh dari hasil tes awal yang telah dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 54,800 sedangkan rata-rata hasil belajar kelompok kontrol adalah 52,377. Berdasarkan uji kesamaan dua rata-rata diperoleh thitung = 0,803 dan ttabel = 2,002. Pada analisis data awal yang dilakukan dalam penelitian ini diperoleh (2) hitung < (2) tabel yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil berdistribusi normal dan mempunyai homogenitas yang sama. Hal ini berarti sampel berasal dari kondisi atau keadaan yang sama yaitu pengetahuan awal yang sama. Sedangkan dari hasil test akhir yang telah dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 80,733 sedangkan rata-rata hasil belajar kelompok kontrol adalah 76,833. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata satu pihak yaitu uji pihak kanan diperoleh t hitung = 2,631 dan ttabel = 1,672. Karena t hitung > t tabel berarti Ho ditolak, artinya bahwa hasil belajar PAI kedua kelompok tersebut berbeda secara nyata atau signifikan. Maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media video lebih baik daripada hasil belajar peserta didik tanpa menggunakan video.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Video; Pendidikan Agama Islam; Pengurusan Jenazah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 10 Dec 2013 07:45
Last Modified: 03 Jul 2021 04:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics