Problematika Pembelajaran Ketrampilan Menyimak dan Solusinya terhadap Murid Kelas X Madrasah Aliyah “Nurul Huda” Mangkang Kulon Tugu Semarang

Choiriyah, Danik Lailatul (2012) Problematika Pembelajaran Ketrampilan Menyimak dan Solusinya terhadap Murid Kelas X Madrasah Aliyah “Nurul Huda” Mangkang Kulon Tugu Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083211012_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211012_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211012_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211012_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211012_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211012_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211012_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (43kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas problematika pembelajaran ketrampilan menyimak dan solusinya terhadap murid kelas X Madrasah Aliyah “Nurul Huda” Mangkang Kulon Tugu Semarang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana pembelajaran ketrampilan menyimak terhadap murid kelas X Madrasah Aliyah “Nurul Huda” Mangkang Kulon Tugu Semarang?, Apa sajakah problematika pembelajaran ketrampilan menyimak terhadap murid kelas X Madrasah Aliyah “Nurul Huda” Mangkang Kulon Tugu Semarang dan apa solusinya?, Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MA “Nurul Huda” Mangkang Kulon Tugu Semarang. Melalui studi itu diperoleh data-data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis oleh peneliti dengan menggunakan metode analisis kualitatif diskriptif. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran Bahasa Arab murid kelas X Madrasah Aliyah “Nurul Huda” Mangkang Kulon Tugu Semarang sangat mendalam, baik dari segi kaidah bahasa arabnya ataupun dari segi ketrampilan bahasanya termasuk didalamnya ketrampilan menyimak. Madrasah Aliyah “Nurul Huda” Mangkang Kulon Tugu Semarang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode audio visual. Media pembelajaran di sekolah ini sudah tersedia lengkap. Buku yang digunakan yaitu buku paket”Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X”. Evaluasi pembelajaran yang digunakan guru untuk mengukur prestasi siswa adalah dengan cara tes dan non tes. (2) Problematika problematika pembelajaran ketrampilan menyimak terhadap murid kelas X Madrasah Aliyah “Nurul Huda” Mangkang Kulon Tugu Semarang berada pada beberapa faktor, yaitu: murid yang meliputi latar belakang pendidikan dan bahasa, perbedaan kemampuan murid dalam membaca dan menulis huruf arab, sedikitnya minat dan motivasi belajar bahasa arab murid, dan sedikitnya kepedulian orang tua wali murid. Guru yang meliputi penggunaan metode tradisional, keterangan guru pembosankan, kurangnya kemampuan guru menguasai materi. Materi yang meliputi sulitnya kaidah bahasa arab. Metode yang meliputi sedikitnya metode efektif yang diterapkan, banyaknya metode ceramah. Media yang meliputi tidak digunakannya sarana audiovisual yang modern, minimnya penggunaan laboratorium bahasa. Solusi yang disarankan penulis untuk memecahkan problem tersebut yaitu: memotivasi siswa untuk menyukai bahasa arab, memotivasi siswa untuk banyak latihan menyimak, memberitahu orang tua tentang kemampuan anak mereka, memotivasi siswa untuk menghafal kosa kata, menggunakan metode yang variatif dan mencoba permainan bahasa yang berbeda-beda, mengefektifkan kembali ekstrakulikuler bahasa arab, menggunakan media audiovisual yang modern dan laabolatorium bahasa dengan baik, memotivasi siswa dan melatih mereka mengikuti lomba bahasa arab, bekerjasama dengan lembaga-lembaga bahasa arab untuk mengembangkan pembelajaran bahasa arab

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Menyimak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 10 Dec 2013 07:49
Last Modified: 10 Dec 2013 07:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item View Item