Perbedaan level pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar antara pendekatan rigorous mathematical thinking (RMT) dan pendekatan ekspositori pada peserta didik kelas VII di SMP Hasanuddin 7 Semarang

Wardhani, Isyana laksmita (2017) Perbedaan level pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar antara pendekatan rigorous mathematical thinking (RMT) dan pendekatan ekspositori pada peserta didik kelas VII di SMP Hasanuddin 7 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
ISYANA LAKSMITA WARDHANI___123511039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT), mendeskripsikan pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan Ekspositori, dan mengetahui perbedaan level pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan RMT dan pendekatan Ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods yang dilakukan di SMP Hasanuddin 7 Semarang. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rumus uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 29 peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan Ekspositori, sebanyak 24 peserta didik hanya mampu mencapai level translasi (82,75%), 1 peserta didik telah mampu mencapai level interpretasi (3,5%), 4 peserta didik belum mampu memahami simbol huruf dan tanda aljabar (13,79%). Sedangkan dari 28 peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan RMT, sebanyak 9 peserta didik hanya mampu mencapai level translasi (32,14%), 6 peserta didik mampu mencapai level interpretasi (21,42%), 10 peserta didik telah mampu mencapai level ekstrapolasi (35,71%) dan 3 peserta didik belum mampu memahami simbol huruf dan tanda aljabar (10,71%). Dari pengujian hipotesis melalui uji Chi-Square didapat x2 hitung = 20,39 . Dengan taraf nyata dan dk = (3-1)(2-1)= 2 untuk distribusi Chi-Kuadrat didapat x2 tabel = 5,991. Kriteria pengujian level vi pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar kedua kelas eksperimen tersebut lebih besar dibandingkan dengan x2 tabel , maka H0 ditolak. Hal ini memperlihatkan adanya perbedaan level pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan RMT dan yang diajarkan dengan pendekatan Ekspositori.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT), mendeskripsikan pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan Ekspositori, dan mengetahui perbedaan level pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan RMT dan pendekatan Ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods yang dilakukan di SMP Hasanuddin 7 Semarang. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rumus uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 29 peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan Ekspositori, sebanyak 24 peserta didik hanya mampu mencapai level translasi (82,75%), 1 peserta didik telah mampu mencapai level interpretasi (3,5%), 4 peserta didik belum mampu memahami simbol huruf dan tanda aljabar (13,79%). Sedangkan dari 28 peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan RMT, sebanyak 9 peserta didik hanya mampu mencapai level translasi (32,14%), 6 peserta didik mampu mencapai level interpretasi (21,42%), 10 peserta didik telah mampu mencapai level ekstrapolasi (35,71%) dan 3 peserta didik belum mampu memahami simbol huruf dan tanda aljabar (10,71%). Dari pengujian hipotesis melalui uji Chi-Square didapat x2 hitung = 20,39 . Dengan taraf nyata dan dk = (3-1)(2-1)= 2 untuk distribusi Chi-Kuadrat didapat x2 tabel = 5,991. Kriteria pengujian level vi pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar kedua kelas eksperimen tersebut lebih besar dibandingkan dengan x2 tabel , maka H0 ditolak. Hal ini memperlihatkan adanya perbedaan level pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan RMT dan yang diajarkan dengan pendekatan Ekspositori.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorNisa, Lulu ChoirunUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Rigorous Mathematical Thinking (RMT); Ekspositori; Aljabar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 18 May 2018 03:44
Last Modified: 18 May 2018 03:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7810

Actions (login required)

View Item View Item