Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Todanan Kabupaten Blora tahun pelajaran 2016/2017

Andrayani, Anik (2017) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Todanan Kabupaten Blora tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Anik Andrayani___123811019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Rendahnya prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah rendahnya tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan: (1) Apakah ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Todanan tahun pelajaran 2016/2017 (2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran biologi kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Todanan tahun pelajaran 2016/2017 (3) Apakah ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Todanan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis asosiatif. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Ȳ = 40,430 + 1,362 X1 + 0,328 X2 . Uji parsial (Uji t) diperoleh t hitung variabel pengaruh tingkat pendidikan orang tua = 3,766 sehingga Ha X1 terhadap Y diterima. Variabel pengaruh motivasi belajar diperoleh t hitung = 5,759, sehingga Ha X2 terhadap Y diterima. Hasil uji simultan (uji F) diperoleh F hitung = 35,864, sehingga Ha X1 dan X2 terhadap Y diterima. Variabel X1 dan X2 secara simultan berpengaruh terhadap Y sebesar 54,2%. Simpulan dari penelitian ini adalah tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial maupun simultan

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIED
Thesis advisorLianah, LianahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan Orang Tua; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 23 May 2018 08:51
Last Modified: 23 May 2018 08:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7819

Actions (login required)

View Item View Item