Efektivitas pembelajaran inquiry berbantu LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII MTsN 1 Semarang

Nisarohmah, Nur Ilmia (2017) Efektivitas pembelajaran inquiry berbantu LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII MTsN 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik kelas VIII. Berdasarkan wawancara dari guru pengampu mata pelajaran matematika di MTsN 1 Semarang, bahwa peserta didik belum mampu memahami, mencermati perintah soal, menentukan strategi penyelesaian, menerjemahkan soal kehidupan sehari-hari kedalam model matematika, melakukan perhitungan dan penggunaan simbol positif negative. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel masih rendah. Berdasarkan latar belakang masalah, penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan pembelajaran inquiry berbantu lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII pada materi sistem persamaan linier dua variabel di MTsN 1 Semarang. Penelitian menggunakan metode eksperimen berdesain posttest only control design. Sampel dari kelompok eksperimen adalah kelas VIII D dan kelompok kontrol adalah kelas VIII C yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Data dianalisis menggunakan uji t-test antara kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran inquiry berbantu LKPD dan kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran dengan inquiry sebesar 73,125 dan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 64,4375. Hasil perhitungan uji-t diperoleh dan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perhitungan rata-rata kelas eksperimen diperoleh . Hasil uji ketuntasan belajar, kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih vii dari 70. Hal ini menunjukkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan pembelajaran Inquiry berbantu LKPD mencapai KKM. Berdasarkan uji t-test dan uji ketuntasan belajar tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran inquiry berbantu LKPD dilakukan pada kelas eksperimen memperoleh hasil yang efektif daripada kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Disimpulkan bahwa pembelajaran inquiry berbantu LKPD efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII materi sistem persamaan linier dua variabel di MTsN 1 Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMaslihah, SitiUNSPECIFIED
Thesis advisorFitriani, UlliyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Inquiry; Kemampuan pemecahan masalah; Persamaan Linier; Dua Variabel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 25 May 2018 08:00
Last Modified: 25 May 2018 08:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7827

Actions (login required)

View Item View Item