Efektivitas pembelajaran kooperatif team assisted individualization (TAI) dengan media rogsiling berbantu LKPD terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMP N 1 Kayen tahun pelajaran 2016/2017

Wulan Sari, Riska Yani (2017) Efektivitas pembelajaran kooperatif team assisted individualization (TAI) dengan media rogsiling berbantu LKPD terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMP N 1 Kayen tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133511086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dengan media Rogsiling berbantu LKPD terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMP N 1 Kayen Tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya permasalahan peserta didik pada materi garis singgung lingkaran di SMP N 1 Kayen. Berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa kemampuan penalaran peserta didik pada materi garis singgung lingkaran dikatakan masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dengan media rogsiling berbantu LKPD sebagai solusi dari permasalahan terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMP N 1 Kayen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk true experimental design, sedangkan rancangan penelitian menggunakan Posttest-Only Control Design. Sampel penelitian adalah kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model TAI dengan media rogsiling berbantu LKPD dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional model ekspositori. Data yang dikumpulkan berupa wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang berupa tes terdiri dari dua tahap. Tes pertama dilakukan tehadap kelompok populasi dan tes kedua dilakukan terhadap sampel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen sebesar 72,73 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 59,17. Berdasarkan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t satu pihak diperoleh

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMaslihah, SitiUNSPECIFIED
Thesis advisorTsani, Dyan FalasifaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization (TAI); Model pembelajaran; Rogsiling; Penalaran matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 25 May 2018 08:04
Last Modified: 25 May 2018 08:04
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7829

Actions (login required)

View Item View Item