Pengaruh strategi pembelajaran TTW (think, talk, write) terhadap hasil belajar siswa kelas XI semester II pada materi fluida dinamis di MAN 2 Semarang

Maesaroh, Siti (2017) Pengaruh strategi pembelajaran TTW (think, talk, write) terhadap hasil belajar siswa kelas XI semester II pada materi fluida dinamis di MAN 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Binder1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah pemahaman siswa terhadap konsep materi fluida dinamis yang dipelajari sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar fisika siswa ditunjukan dengan nilai KKM dibawah 60. Penggunaan Strategi TTW (Think, Talk, Write) pada proses pembelajaran ini dilakukan untuk membangun pemikiran, mengungkapkan ide - ide, kemudian menguji ide- ide tersebut dalam bentuk tulisan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh TTW dan peningkatan hasil belajar siswa kelas XI semester II pada materi fluida dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), metode yang digunakan yaitu studi eksperimen dengan desain posstest only control group design yaitu menempatkan subyek penelitian kedalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknis analisis data penelitian menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,70 sedangkan ttabel = 1,99 dengan taraf signifikansi 5 %. Karena thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan (Ha) dapat diterima. Data menujukan bahwa rata- rata hasil belajar siswa menggunakan Strategi TTW lebih tinggi dibanding pembelajaran konvensional. Hal ini disebabkan pembelajaran menggunakan strategi TTW mendorong siswa mengungkapkan pendapat dalam bentuk tulisan, dan membuat siswa lebih mandiri dalam memahami konsep fisika.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKusumo, Hamdan HadiUNSPECIFIED
Thesis advisorAnggita, Sheila RullyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Think Talk Write (TTW); Hasil belajar; Fluida dinamis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 532 Fluid mechanics Liquid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 25 May 2018 08:24
Last Modified: 25 May 2018 08:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7833

Actions (login required)

View Item View Item