Pengembangan media pembelajaran kimia dengan materi pokok larutan penyangga berbasis website sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI SMA N 13 Semarang

Fastaqima, Fina (2017) Pengembangan media pembelajaran kimia dengan materi pokok larutan penyangga berbasis website sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI SMA N 13 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Fina Fastaqima___133711058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai salah satu media pembelajaran yang telah banyak digunakan, terutama pada ilmu sains. Banyak media internet khususnya website yang menyuguhkan berbagai materi pembelajaran, tetapi terkadang materi yang disajikan kurang dapat dipertanggungjawabkan, sehingga sering membuat kesalahan informasi yang didapat oleh peserta didik. Media pembelajaran berbasis website pada materi pokok larutan penyangga dikembangkan berdasarkan pendekatan saintifik sehingga peserta didik dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran dan disesuaikan dengan kebiasaan yang mereka lakukan. Penelitian ini memiliki rumusan masalah (1) Bagaimana cara mengembangkan media pembelajaran kimia larutan penyangga berbasis website sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI SMA N 13 Semarang (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran kimia larutan penyangga berbasis website sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI SMA N 13 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R & D), dengan model Thiagarajan yang meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Kelayakan media pembelajaran didasarkan pada hasil penilaian ahli media, ahli materi, pendidik kimia SMA, serta tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis website. Hasil penilaian ahli materi sebanyak 66,67% termasuk kategori baik. Hasil penilaian ahli media sebanyak 86,1% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian pendidik kimia SMA sebanyak 79,1% dengan kategori baik. Hasil angket tanggapan peserta didik adalah 76,67% dengan vii kategori baik. Berdasarkan hasil yang telah didapat tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHashona, Achmad HasmiUNSPECIFIED
Thesis advisorWibowo, TeguhUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Website; Larutan Penyangga; Pembelajaran kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 06 Jun 2018 08:28
Last Modified: 06 Jun 2018 08:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7845

Actions (login required)

View Item View Item