Pengaruh Responsif Siswa pada Media Karikatur terhadap Hasil Belajar Sains Kimia Siswa pada Materi Pokok Zat Adiktif dan Psikotropika Kelas VIII SMP NU 04 Sunan Abinowo Kendal

Darojat, Inayatut (2012) Pengaruh Responsif Siswa pada Media Karikatur terhadap Hasil Belajar Sains Kimia Siswa pada Materi Pokok Zat Adiktif dan Psikotropika Kelas VIII SMP NU 04 Sunan Abinowo Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
073711011_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073711011_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073711011_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073711011_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073711011_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073711011_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073711011_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh responsif siswa pada media karikatur, dan adakah pengaruh responsif siswa pada media karikatur terhadap hasil belajar sains kimia siswa pada materi pokok zat adiktif dan psikotropika Kelas VIII SMP NU 04 SUNAN ABINOWO. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan desain penelitian statistic analysis. Desain penelitian ini menggunaan analisis regresi satu prediktor dengan hipotesis “Ada pengaruh responsif siswa pada media karikatur terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok zat adiktif dan psikotropika kelas VIII SMP NU 04 SUNAN ABINOWO Kendal”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP NU 04 SUNAN ABINOWO yang terbagi dalam 2 kelas sejumlah 84 orang. Adapun sampel yang diambil adalah keseluruhan dari populasi yang ada yaitu semua siswa kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 84 siswa, sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket tentang responsif siswa pada media karikatur dan tes materi pelajaran sains kimia pada materi pokok zat adiktif dan psikotropika, dari pengumpulan data diperoleh hasil sebesar 48.60 sehingga responsif siswa pada media karikatur berada pada kategori “Cukup” pada interval 44.2 – 53.01 dan hasil belajar materi pokok zat adiktif dan psikotropika diperoleh nilai sebesar 75.56 berada pada kategori “Cukup” yaitu pada interval 64.3 – 86.8. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi, setelah melakukan pengujian data, diperoleh hasil dari penghitungan rxy sebesar 0.645 sehingga rxy > rtabel(0.05)(0.01) (0.645 > 0.217 dan 0.307) berada pada kategori “Kuat”, terletak pada interval 0,60 – 0,799. Sehingga setiap perubahan 10 satuan peningkatan responsif siswa pada media karikatur, akan mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok zat adiktif dan psikotropika sebesar 64.5% dan sisanya sebesar 35.5% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari persamaan regresi diperoleh Fhitung = 58.403 > Ftabel (taraf signifikan 5% = 3.960 dan 1% = 6.960), maka persamaan regresi tersebut signifikan, dan hipotesis diterima. Kesimpulan, bahwa pembelajaran dengan menggunakan media karikatur bisa mempengaruhi hasil belajar sains kimia siswa pada materi pokok zat adiktif dan psikotropika kelas VIII di SMP NU 04 SUNAN ABINOWO Kendal dengan peningkatan yang cukup signifikan (64.5%) dan sisanya (35.5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Karikatur; Sains Kimia; Zat Adiktif dan Psikotropika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Depositing User: Muhammad Qomarudin
Date Deposited: 10 Dec 2013 07:57
Last Modified: 10 Dec 2013 07:57
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item View Item