Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) berbasis media tebak gambar terhadap hasil belajar siswa kelas XI materi sistem ekskresi di MAN Kendal tahun pelajaran 2016/2017

Rochmayatun, Rochmayatun (2017) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) berbasis media tebak gambar terhadap hasil belajar siswa kelas XI materi sistem ekskresi di MAN Kendal tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi LENGKAP.pdf]
Preview
Text
skripsi LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model NHT berbasis media tebak gambar materi pokok sistem ekskresi sebagai media diskusi kelompok terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan metodologi penelitian kuantitatif komparatif. Eksperimen dilaksanakan di MAN Kendal dengan populasi 300 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diteliti adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa, kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 33 siswa, dan kelas XII IPA 5 sebagai kelas uji coba sebanyak 22 siswa. Kelas eksperimen adalah kelas yang mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran Biologi menggunakan model NHT berbasis media tebak gambar sebagai media diskusi kelompok. Kelas kontrol adalah kelas yang tidak menggunakan model NHT berbasis media tebak gambar, tetapi menggunakan metode ceramah. Kelas uji coba adalah kelas yang diberi instrumen soal yang akan di uji
validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukarannya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara: 1) metode dokumentasi untuk memperoleh data peserta didik yang dijadikan sampel pendidikan,dan; 2) metode tes berupa pilihan ganda untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik. Pre-Test diberikan kepada kedua kelas untuk mengetahui normalitas dan homogenitas sampel sebelum diberi perlakuan. Post-Test diberikan kepada kedua kelas setelah mendapatkan perlakuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif yang meliputi analisis uji instrument soal, analisis hasil belajar, analisis uji hipotesis.Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ialah uji t-test dengan taraf signikan α = 5% sehingga diperoleh ( ) = 1,6698. Hasil perhitungan diperoleh = 3,754. Hasil belajar peserta didik menggunakan model NHT berbasis media tebak gambar terbukti berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan model NHT berbasis media tebak gambar. Rata-rata yang diperoleh peserta didik menggunakan model NHT berbasis media tebak gambar mencapai 88,23 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah adalah 75, seluruh peserta didik kelas eksperimen tuntas mencapai KKM. Kelas kontrol menggunakan metode ceramah memperoleh rata-rata 80 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Terdapat 10 siswa yang belum mencapai KKM. Hsail uji t diperoleh > ( ) = 3,754 > 1,6698 yang berarti hipotesis yang diajukan diterima yakni
viii
penggunaan model NHT berbasis media tebak gambaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model NHT berbasis media tebak gambar materi pokok sistem ekskresi sebagai media diskusi kelompok terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan metodologi penelitian kuantitatif komparatif. Eksperimen dilaksanakan di MAN Kendal dengan populasi 300 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diteliti adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa, kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 33 siswa, dan kelas XII IPA 5 sebagai kelas uji coba sebanyak 22 siswa. Kelas eksperimen adalah kelas yang mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran Biologi menggunakan model NHT berbasis media tebak gambar sebagai media diskusi kelompok. Kelas kontrol adalah kelas yang tidak menggunakan model NHT berbasis media tebak gambar, tetapi menggunakan metode ceramah. Kelas uji coba adalah kelas yang diberi instrumen soal yang akan di uji
validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukarannya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara: 1) metode dokumentasi untuk memperoleh data peserta didik yang dijadikan sampel pendidikan,dan; 2) metode tes berupa pilihan ganda untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik. Pre-Test diberikan kepada kedua kelas untuk mengetahui normalitas dan homogenitas sampel sebelum diberi perlakuan. Post-Test diberikan kepada kedua kelas setelah mendapatkan perlakuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif yang meliputi analisis uji instrument soal, analisis hasil belajar, analisis uji hipotesis.Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ialah uji t-test dengan taraf signikan α = 5% sehingga diperoleh ( ) = 1,6698. Hasil perhitungan diperoleh = 3,754. Hasil belajar peserta didik menggunakan model NHT berbasis media tebak gambar terbukti berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan model NHT berbasis media tebak gambar. Rata-rata yang diperoleh peserta didik menggunakan model NHT berbasis media tebak gambar mencapai 88,23 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah adalah 75, seluruh peserta didik kelas eksperimen tuntas mencapai KKM. Kelas kontrol menggunakan metode ceramah memperoleh rata-rata 80 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Terdapat 10 siswa yang belum mencapai KKM. Hsail uji t diperoleh > ( ) = 3,754 > 1,6698 yang berarti hipotesis yang diajukan diterima yakni
penggunaan model NHT berbasis media tebak gambar sebagai media diskusi kelompok terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI di MAN Kendal.
Kata Kunci : Model NHT (Numbered Head Together), Media Tebak Gambar, Hasil Belajar, Sistem Ekskresir sebagai media diskusi kelompok terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI di MAN Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; NHT (Numbered Head Together); Media pembelajaran; Hasil Belajar; Sistem ekskresi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 07 Jun 2018 05:48
Last Modified: 07 Jun 2018 05:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7851

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics