Efektivitas model pembelajaran akselerasi berbasis discovery terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII MTs Negeri Karangawen pada materi lingkaran

Rahmawati, Diah Ira (2017) Efektivitas model pembelajaran akselerasi berbasis discovery terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII MTs Negeri Karangawen pada materi lingkaran. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133511024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas VIII MTs Negeri Karangawen pada materi lingkaran. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti, penyebab rendahnya nilai ulangan materi lingkaran adalah karena siswa kesulitan dalam menentukan hal-hal yang diketahui dalam soal kontektual terkait lingkaran, siswa masih mengandalkan guru dalam menganalisa soal, pembelajaran masih berorientasi pada permasalahan rutin, serta siswa belum terbiasa menghadapi soal-soal yang variatif. Akibatnya siswa belum dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematisnya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran akselerasi berbasis discovery efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII MTs Negeri Karangawen pada materi lingkaran. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian eksperimen, dengan jenis True Experimental Design berbentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Karangawen Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 219 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII F sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Uji hipotesis yang peneliti gunakan adalah Uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh t_hitung=5,810 dan t_tabel=1,6762. Karena t_hitung > t_tabel maka H_(0 ) ditolak atau H_(1 )diterima. Ini berarti nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran akselerasi berbasis discovery lebih baik daripada nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model akselerasi berbasis discovery efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII MTs Negeri Karangawen pada materi lingkaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMaslihah, SitiUNSPECIFIED
Thesis advisorNadhifah, NadhifahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; Berpikir matematis; Metode pembelajaran; Discovery learning; Lingkaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 28 Jun 2018 01:26
Last Modified: 28 Jun 2018 01:26
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7864

Actions (login required)

View Item View Item