Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep segiempat kelas VII MTs Matholi’ul Falah

Aziz, Hanif Fatkhur (2017) Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep segiempat kelas VII MTs Matholi’ul Falah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133511027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pemahaman konsep peserta didik di MTs Matholi’ul Falah Sumanding yang masih rendah seperti menyatakan ulang suatu konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika, dan mengaplikasikan konsep/algoritma ke dalam pemecahan masalah. Hal ini disebabkan oleh minimnya keterlibatan dan keaktifan peserta didik di dalam pembelajaran. Pembelajaran yang berlangsung hanya terpusat pada pendidik sehingga kesempatan peserta didik dalam menyampaikan pendapatnya dan mengkonstruksikan sendiri pemahamannya terbatas. Akibatnya, pemahaman konsep peserta didik masih lemah termasuk pada materi segiempat. Kondisi ini dapat dilihat pada kemampuan peserta didik dalam menyatakan ulang konsep, kemampuan menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematika yang masih lemah serta kemampuan mengaplikasikan konsep/algoritma ke dalam pemecahan masalah yang masih lemah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan pendekatan kontekstual efektif terhadap pemahaman konsep segiempat kelas VII MTs Matholi’ul Falah? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VII pada materi segiempat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini ditinjau dari objeknya merupakan penelitian lapangan (field research), karena data-data yang diperlukan untuk penyusunan penelitian ini diperoleh dari lapangan. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest-only control design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh dan diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data rata-rata skor pemahaman konsep materi segiempat peserta didik yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan pendekatan kontekstual adalah 43,211 sedangkan pada peserta didik yang menggunakan model konvensional adalah 37,316. Dari uji perbedaan rata-rata pada tahap akhir menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,368 dan ttabel = 1,688 pada taraf signifikansi (α) 5% dan dk = (n1+n2-2) = 36. Karena t_hitung 〖>t〗_tabel dengan besaran 2.368 >1,688 maka H_0 ditolak atau H_1 diterima, hal ini berarti rata-rata kemampuan pemahaman konsep materi segiempat peserta ddiik yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan pendekatan kontekstual lebih baik dari pada yang menggunakan model konvensional. Jadi, dapat dikatakan bahwa “pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan pendekatan kontekstual efektif terhadap pemahaman konsep materi segiempat kelas VII MTs Matholi’ul Falah Sumanding tahun pelajaran 2016/2017”.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRomadiastri, YuliaUNSPECIFIED
Thesis advisorFitriyah, AiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Number Head Together (NHT); Pendekatan kontekstual; Segiempat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 28 Jun 2018 01:27
Last Modified: 28 Jun 2018 01:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7865

Actions (login required)

View Item View Item