Efektivitas model pembelajaran REACT terhadap self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah pada materi segi empat siswa kelas VII MTs N Karanggede tahun pelajaran 2016/2017

Fadhilah, Rizki (2017) Efektivitas model pembelajaran REACT terhadap self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah pada materi segi empat siswa kelas VII MTs N Karanggede tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133511033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru matematika kelas VII MTsN Karanggede diketahui bahwa self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Hal tersebut diindikasikan dari siswa yang mudah putus asa dan tidak dapat menyelesaikan soal-soal yang membutuhkan kemampuan pemecahan masalah. Didukung dengan adanya fakta bahwa penguasaan siswa terhadap soal UN tentang pemecahan masalah bangun datar masih kurang, yakni hanya sebesar 27,78%-31,5%. Di sisi lain, pembelajaran yang dilaksanakan selama ini kurang efektif karena masih menggunakan model konvensional. Oleh karena itu, diterapkan model pembelajaran REACT untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran REACT terhadap Self Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Segi Empat Siswa Kelas VII MTsN Karanggede Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A-VII D yang berjumlah 86 siswa. Sampel penelitian diambil secara acak dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pembelajaran REACT, sedangkan kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional. Selanjutnya pengambilan data dilakukan dengan angket, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata skor self efficacy kelas eksperimen adalah 81,927 dan kelas kontrol 77,442. Dari uji perbandingan rata-rata self efficacy diperoleh t_hitung=1,801. Di sisi lain diperoleh rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 49,045 dan kelas kontrol 33,952. Dari uji perbandingan rata-rata kemampuan pemecahan masalah diperoleh nilai t_hitung=5,995. Dengan dk=41 dan ∝=5% diperoleh nilai t_tabel=1,683. Dengan demikian, masing-masing data self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah memiliki nilai t_hitung>t_tabel. Artinya terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran REACT efektif terhadap self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah pada materi segi empat kelas VII MTsN Karanggede tahun pelajaran 2016/2017.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMujiasih, MujiasihUNSPECIFIED
Thesis advisorNisa, Eva KhoirunUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Self efficacy; Kemampuan pemecahan masalah; Segi empat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 28 Jun 2018 01:30
Last Modified: 28 Jun 2018 01:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7867

Actions (login required)

View Item View Item