Pengembangan LKS berbasis integrasi Islam dan multiple intelligences pada materi pewarisan sifat kelas IX semester 2

Hidayah, Nor (2017) Pengembangan LKS berbasis integrasi Islam dan multiple intelligences pada materi pewarisan sifat kelas IX semester 2. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133811033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

LKS merupakan pedoman siswa dalam melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah. LKS yang digunakan di MTs Walisongo Pecangaan Jepara saat ini belum menciptakan kajian keilmuan yang berintegrasi dengan ke-Islam-an, hal ini belum sesuai dengan prinsip pengembangan KTSP yang peduli terhadap permasalahan integrasi. LKS yang digunakan juga belum memperhatikan potensi siswa yang beragam. Potensi siswa meliputi 8 kecerdasan (Multiple Intelligences) yaitu: kecerdasan matematika-logika, bahasa, musikal, visual-spasial, kinestetis, interpersonal, intrapersonal dan naturalis. Penyelarasan pembelajaran dengan potensi yang dimiliki siswa diperlukan agar pelayanan pendidikan mampu mencapai sasaran optimal. Pewarisan sifat tergolong materi sulit menurut siswa kelas IX semester 2 MTs Walisongo Pecangaan Jepara ditandai dengan persentase ketuntasan pada 38 siswa dalam satu kelas hanya sebesar 3%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain, kelayakan dan efektifitas LKS berbasis integrasi Islam dan Multiple Intelligences pada materi Pewarisan Sifat kelas IX semester 2. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model eksperimen (before-after) pada uji pemakaian. Subjek penelitian adalah kelas IXA MTs Walisongo Pecangaan Jepara. Pengembangan LKS ini dinyatakan layak sesuai instrumen BSNP dan Permendikbud nomor 08 tahun 2016 dengan skor rata-rata kelayakan media 82% (sangat layak), kelayakan materi 89% (sangat layak) didukung dengan tanggapan siswa 83% (sangat setuju) dan tanggapan guru 90% (sangat setuju). LKS hasil pengembangan efektif digunakan dengan skor rata-rata N-gain sebesar 0,77% (tinggi) dan persentase ketuntasan 91%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorTyas, Dian AyuningUNSPECIFIED
Thesis advisorRusmadi, RusmadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; LKS; Integrasi sains dan Islam; Multiple mntelligences; Pewarisan sifat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 28 Jun 2018 01:43
Last Modified: 28 Jun 2018 01:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7877

Actions (login required)

View Item View Item