Problematika Pembelajaran Muhaadatsah dan Solusinya pada Siswa Kelas Dua Madrasah Aliyah Negeri Lasem Rembang (Dari Segi Metode dan Materi)

Kholish, Nur (2012) Problematika Pembelajaran Muhaadatsah dan Solusinya pada Siswa Kelas Dua Madrasah Aliyah Negeri Lasem Rembang (Dari Segi Metode dan Materi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083211042_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211042_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211042_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211042_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211042_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211042_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211042_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (38kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas problematika pembelajaran Muhaadatsah dan Solusinya Pada Siswa Kelas Dua Madrasah Aliyah Negeri Lasem Rembang (Dari Segi Metode dan Materi) Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pembelajaran Muhaadasah Pada Siswa Kelas Dua Madrasah Aliyah Negeri Lasem Rembang? (2) Apa sajakah problematika metode dan materi pembelajaran muhadaadasah Pada Siswa Kelas Dua Madrasah Aliyah Negeri Lasem Rembang? (3),apa solusi dari metode dan materi pembelajaran muhadaadasah Pada Siswa Kelas Dua Madrasah Aliyah Negeri Lasem Rembang. Melalui studi itu diperoleh data-data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis oleh peneliti dengan menggunakan metode analisis kualitatif diskriptif. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran muhaadasah pada kelas dua MAN lasem menunjukan pembelajaran yang sukses,hal itu bisa di lihat dari gurunya melakukan proses pembelajaran yang baik. (2) Problematika metode pada pembelajaran muhaadasah kelas dua MAN lasem adalah: guru menggunakan 4 metode sekaligus dalam setiap materi,minimnya metode yang efektif dalam pengajaran muhaadasah,tidak adanya kesesuaian antara metode yang tertulis di RPP dengna praktek pembelajaran,minimnya pengetahuan guru dalam pengoperasian metode pembelajaran, seringnya penggunaan metode membaca dalam pengajaran muhaadasah. Dan problematika dari segi materi adalah : tidak adanya materi tentang muhaadasah,materi yang di bahas kurak menarik, guru hanya mempunyai satu RPP dalam pembelajaran muhaadasah,tidak adanya kesesuaian antara materi yang di pelajari dengan tingkat kecerdasan siswa,banyaknya mufrodat yang sulit dan asing bagi siswa.(3) solusi dari sisi metode : sayogyanya guru mampu mengusai metode dalam suatu pembelajaran, sayogyanya guru menggunakan metode khusus dalam setiap pembelajaran muhaadasah, sayogyannya guru menggunakan metode yang efektif dalam pembelajaran muhaadasah, sayogyannya guru menyesuaikan antara metode yang ditulis di RPP dengan metode yang di gunakan dalam pembelajaran muhaadasah, sayogyannya guru menyesuaikan metode pembelajaran. Dari sisi materi : sayogyanya guru mengajarkan materi muhaadasah bukan yang lainnya,sayogyannya guru mengajaran maetri pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kecerdasan siswa,sayogyannya guru membuat RPP dalam setiap pengajaran,sayogyannya guru menyiapkan materi yang mudah buat siswa,sayogyanya guru memilih mufradat yang mudah buat siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Muhaadatsah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 10 Dec 2013 08:01
Last Modified: 10 Dec 2013 08:01
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item View Item