Studi Analisis pada Pemilihan Metode Pengajaran Bahasa Arab oleh Guru Kelas VIII di MTs Miftahul ‘Ulum Bonang Demak Tahun 2012-2013 dan Kesesuaiannya dengan Prinsip Pelaksanaan KTSP

Munfaidah, Sifah (2012) Studi Analisis pada Pemilihan Metode Pengajaran Bahasa Arab oleh Guru Kelas VIII di MTs Miftahul ‘Ulum Bonang Demak Tahun 2012-2013 dan Kesesuaiannya dengan Prinsip Pelaksanaan KTSP. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083211046_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211046_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211046_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211046_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211046_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211046_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211046_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (34kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: untuk mengetahui kesesuaian antara metode pengajaran Bahasa Arab yang dipilih oleh guru kelas VIII MTs Miftahul ‘Ulum Bonang Demak tahun 2012-2013 dengan prinsip pelaksanaan KTSP. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Waka Kurikulum, dan guru mata pelajaran Bahasa Arab. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, data display, dan conclusion drawing/verification dengan menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang guru gunakan adalah metode klasik. Yaitu guru mengajar tanpa adanya media pembelajaran karena sekolah belum memiliki fasilitas yang memadai dan anggaran untuk pembuatan media tidak ada. Guru sudah mencoba untuk fokus dalam mengajar muhadatsah yaitu dengan cara guru menyuruh siswa menghafal kosakata di setiap bab-nya dan mengajak berdialog setelahnya. akan tetapi guru belum bisa lepas dari pembelajaran unsur bahasa melihat masih ada siswa yang tertinggal dalam penguasaan nahwu dan shorof. Dari segi prinsip pelaksanaan KTSP, metode yang guru gunakan sudah sesuai meskipun belum sempurna. Terlihat pada perhatian dan pelayanan guru terhadap kualitas anak didik yang sangat besar. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan MTs Miftahul ‘Ulum.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pengajaran Bahasa Arab; Pelaksanaan KTSP
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 10 Dec 2013 08:03
Last Modified: 10 Dec 2013 08:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item View Item