Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap self regulated learning pada mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang

Fatmala, Vita (2017) Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap self regulated learning pada mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
134411031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Kecerdasan Spiritualterhadap Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang”. Secara teori setiap manusia memiliki kecerdasan spiritual yang merupakan kompetensi intrinsik bawaan sejak lahir, yang mana kecerdasan spiritual tersebut dapet mmebangkitkan jiwa untuk melakukan tindakan yang positif. Namun kenyataannya banyak mahasiswa yang melakukan segala cara agar mendapatkan nilai bagus seperti mencontek dan plagiasi, hal ini disebabkan karena mahasiswa belum memiliki self regulated learning yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris tentang Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan dianalisis secara korelasi regresi linear sederhana. Dua variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan spiritual dan self regulated learning. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang angkatan 2012, 2013, dan 2014 yang berjumlah 857. Sampel penelitian sebanyak 86 responden yang diambil secara probability sampling ini menggunakan teknik simple random sampling atau sampel acak. Pengumpulan datanya menggunakan skala dengan menggunakan skala Likert. Metode analisis data dibantu dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 16.0 for windows. Hasil analisis data mengenai pengaruh kecerdasan spiritual terhadap self regulated learning pada mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menunjukkan koefisien pengaruh Fhitung 32,718 dengan taraf signifikansi 0,000. Oleh karena itu nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap self regulated learning pada mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM)UIN Walisongo Semarang”. Maka dapat diambil pemahaman bahwa mahasiswa yang mempunyai kecerdasan spiritual yang tinggi akan mempunyai pengaturan diri dalam belajar atau self regulated learning yang baik. Serta dihasilkan dalam analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,280, menyatakan bahwa kecerdasan spiritual memberikan pengaruh atau sumbangan terhadap self regulated learning sebesar 28%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHadziq, AbdullahUNSPECIFIED
Thesis advisorRejeki, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan spiritual; Self regulated learning; Mahasiwa; Belajar mandiri
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:10
Last Modified: 05 Jul 2018 04:10
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7932

Actions (login required)

View Item View Item