Penerapan strategi bauran pemasaran pada PT. Arbani Madinah Wisata dalam perspektif ekonomi Islam

Haqi, Adilla (2017) Penerapan strategi bauran pemasaran pada PT. Arbani Madinah Wisata dalam perspektif ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
132411003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT. Arbani Madinah Wisata merupakan biro penyelenggara perjalanan ibadah haji dan umrah. Untuk meningkatkan jumlah jamaah haji dan umrah PT. Arbani Madinah Wisata menerapkan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Upaya yang dilakukan PT Arbani Madinah Wisata dalam bauran pemasaran adalah menarik calon jamaah haji dan umrah. Dalam Islam pemasaran yang dilakukan harus sesuai dengan aturan atau ketetapan hukum yang bersumber dari Al-Qur’an dan sunnah. Kajian dalam skripsi ini yaitu membahas tentang starategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh PT. Arbani Madinah Wisata yang dilihat dari sudut pandang ekonomi Islam Lokasi penelitian ini bertempat pada Travel Arbani Tour. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (flied research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer dari penelitian ini adalah hasil wawancara dengan pimpinan dan karyawan yang bekerja di PT. Arbani Madinah Wisata. Sedangkan data sekunder penelitian ini diperoleh dari lieteratur yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Metode penelitian ini bersifat induktif yang kemudian dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penerapan strategi bauran pemasaran ini menunjukan bahwa strategi produk PT. Arbani Madinah Wisata merupakan jasa pelayanan yang halal dengan segala bentuk aktivitas guna memenuhi harapan konsumen. Strategi harga yang ditawarkan perusahaan menggunakan prinsip atas dasar suka sama suka (saling ridho), dimana jamaah akan menerima fasilitas sesuai dengan apa yang mereka bayar. Dalam mendistribusikan produknya PT. Arbani Madinah Wisata mengandalkan lokasi perusahaan yang strategis. Lokasi perusahaan ini sah secara hukum Negara maupun hokum agama. Promosi yang dilakukan PT. Arbani madinah Wisata dilandasi dengan tujuan berdakwah yakni mengajak seseorang dalam berbuat kebajikan dengan membujuk kaum muslim bagi yang mampu untuk menunaikan ibadah haji dan umrah ke tanah suci (Makkah).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorWahab, WahabUNSPECIFIED
Thesis advisorHuda, ChoirulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Bauran Pemasaran; marketing mix; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:22
Last Modified: 05 Jul 2018 04:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7942

Actions (login required)

View Item View Item