Analisis strategi pengembangan bisnis kuliner dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus pada usaha Kang Bagong Catering Semarang

Laeliyah, Siti (2017) Analisis strategi pengembangan bisnis kuliner dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus pada usaha Kang Bagong Catering Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
132411005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bisnis yaitu suatu kegiatan usaha yang mengorganisasi untuk menghasilkan (laba) atau menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Semakin maju perkembangan jaman dan perubahan pola hidup manusia menyebabkan kebutuhan manusia juga berubah, terutama dalam kebutuhan primer yang salah satunya adalah makanan dan minuman.Semakin meningkatnya kebutuhan pangan tersebut, tentunya akan mendatangkan peluang-peluang bisnis yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Salah satu usaha penyediaan makanan dan minuman jadi adalah usaha catering. Salah satu usaha catering yang berada di kabupaten Semarang adalah Kang Bagong Catering. Kang Bagong Catering merupakan salah satu usaha catering yang tergolong unggul dan memiliki potensi yang cukup baik untuk terus berkembang pesat. Disisi lain, Kang Bagong Catering mengalami penuruan dari jumlah penjualan. Dari permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu “Bagaimana strategi pengembangan bisnis kuliner di Kang Bagong Catering Semarang?” dan “Bagaimana analisis Ekonomi Islam terhadap strategi pengembangan bisnis kuliner di Kang Bagong Catering Semarang?”, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan bisnis yang diterapkan di Kang Bagong Catering Semarang dan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan bisnis yang diterapkan di Kang Bagong Catering Semarang yang dikaitkan dengan analisis Ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach), dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif yaitu pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan bisnis yang diterapkan oleh Kang Bagong Catering yaitu strategi kombinasi bersama, yakni strategi integrasi vertikal (strategi integrasi ke depan, strategi integrasi ke belakang, dan strategi integrasi horizontal), strategi intensif (strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk), dan strategi diversifikasi menerapkan strategi diversifikasi terkait/ konsentrik. Jika dianalisis dengan ekonomi Islam, strategi-strategi yang diterapkan Kang Bagong Catering secara umum sudah sesuai dengan teori yang ada. Dalam hal ini Kang Bagong Catering tidak hanya fokus pada strategi-strategi secara umum, namun Kang Bagong Catering juga tidak melupakan hal-hal yang diatur oleh agama Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSaikhu, SaikhuUNSPECIFIED
Thesis advisorHuda, ChoirulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bisnis kuliner; Strategi pengembangan bisnis; Catering; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:24
Last Modified: 05 Jul 2018 04:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7943

Actions (login required)

View Item View Item