Pengaruh keyakinan, promosi dan lokasi terhadap minat masyarakat muslim menabung di BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan

Jaswadi, Khoirul (2018) Pengaruh keyakinan, promosi dan lokasi terhadap minat masyarakat muslim menabung di BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
122411111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Grobogan merupakan kabupaten yang dipadati masyarakat yang meyoritas beragama Islam. Banyaknya masyarakat muslim dibandingkan masyarakat non muslim memungkinkan untuk mempercepat perkembangan perbankan syariah. Kabupaten Grobogan terdapat beberapa Bank Perkreditan Rakyat, yang terdiri dari 1 BPR Syariah dan 4 BPR Konvensional. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh keyakinan terhadap minat masyarakat muslim menabung BPR Syariah Grobogan, Seberapa besar pengaruh promosi terhadap minat masyarakat muslim menabung di BPR Syariah Grobogan, Seberapa besar pengaruh lokasi terhadap minat masyarakat muslim menabung BPR Syariah Grobogan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan sumber data primer. Sampel dalam penelitian ini menggunakan accidential sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yaitu pengumpulan data berupa pertanyaan tertulis untuk memperoleh keterangan dari sejumlah responden. Metode analisis dan datanya menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesa (uji t dan uji F), pengolahan datanya menggunakan SPSS versi 16. Uji parsial (uji t) menunjukkan masing-masing variabel diperoleh hasil bahwa semua variabel yang diteliti memiliki pengaruh terhadap minat masyarakat muslim. Variabel-variabel tesebut yaitu variabel keyakinan sebesar 0,583 atau 58,3%, promosi sebesar 0,161 atau 16,1% dan lokasi sebesar 0,080 atau 8,0%. Besarnya persentase tersebut menunjukkan besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependennya, yaitu pengaruh keyakinan, promosi dan lokasi terhadap minat masyarakat muslim menabung di BPR Syariah Grobogan. Hasil uji simultan (uji F) pada semua variabel independen diperoleh F hitung sebesar 84,190 sedangkan F tabel sebesar 2,70 hal ini berarti F hitung 84,190 > F tabel 2,70. Sehingga keyakinan, promosi dan lokasi dapat dikatakan secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat masyarakat muslim menabung di BPR Syariah Grobogan. Dari hasil uji koefisien determinasi diperoleh persentase sebesar 72,5%, hal ini menunjukkan 72,5% faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan jasa BPRS di Kabupaten grobogan dipengaruhi oleh keyakinan, promosi dan lokasi sehingga sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSaifullah, MuhammadUNSPECIFIED
Thesis advisorFauzi, MuchammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keyakinan; Promosi; Lokasi; Minat menabung; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 06 Jul 2018 08:22
Last Modified: 06 Jul 2018 08:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7954

Actions (login required)

View Item View Item