Analisis bauran pemasaran pada usaha batu bata merah Desa Karanglegi Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati

Fauziah, Rifa'atul (2017) Analisis bauran pemasaran pada usaha batu bata merah Desa Karanglegi Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of -]
Preview
Other (-)
132411012.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Di Kabupaten Pati terdapat tiga sentra industri batu bata merah yaitu batu bata merah dari Desa Karanglegi KecamatanTrangkil, batu bata merah dari Desa Kembang Kecamatan Dukuhseti, dan batu bata merah dari Desa Baturejo Kecamatan Sukolilo. Desa Karanglegi terkenal sebagai salah satu penghasil batu bata dengan kualitas terbaik di Kabupaten Pati dan dapat dipastikan 90% masyarakat desa ini berprofesi sebagai pengrajin batu bata merah. Batu bata merah Karanglegi memiliki prospek yang bagus karena menguasai/memasok kebutuhan bangunan hampir 60% wilayah Pati dan sekitarnya. Inti utama dari kegiatan pemasaran yang dikenal luas adalah bauran pemasaran (marketing mix), yang mencakup 4P (Product, Price, Place, Promotion). Keempat komponen tersebut merupakan kombinasi yang mempunyai peran yang sama dan merupakan satu kesatuan guna menunjang sukses perusahaan. Untuk mengetahui bagaimana bauran pemasarannya maka berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu “Bagaimana bauran pemasaran pada usaha batu bata merah Desa Karanglegi Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati?”.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa bauran produk yang ada di usaha batu bata merah meliputi kualitas produk (kokoh, tidak mudah patah, ukuran besar). Produk berkualitas didapat dari pemilihan bahan baku, proses pencetakan manual, pembakaran benar-benar sampai matang merata.Bauran harga (price) menerapkan strategi harga rabat dengan memberikan potongan ketika membeli dalam skala besar.Dalam menetapkan harga, pengrajin batu bata merah tidak asal-asalan, melainkan dengan melakukan kalkulasi bahan, dan permintaan pasar. Mereka tergabung dalam paguyuban pengrajin batu bata merah sehingga harga pengrajin satu dengan yang lain sama (sepakat). Bauran distribusi (place) meliputi saluran distribusi pengrajin batu bata Desa Karanglegi dilakukan dengan saluran langsung kepada konsumen dan ada juga melalui perantara agen, pedagang besar, maupun pedagang kecil. Bauran promosi (promotion) yang dilakukan pengrajin batu bata merah melalui penjualan langsung, periklanan (radio, media sosial). Persaingan yang dilkukan sesama pengrajin dilakukan secara fair.Daerah pemasaran yang dijangkau oleh pengrajin batu bata Karanglegi adalah wilayah Kabupaten Pati, luar Kabupaten Pati. Segmen pasar batu bata Desa Karanglegi adalah kalangan menengah ke bawah, menengah ke atas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Marketing mix; Bauran pemasaran; Industri rumah tangga; Industri kecil
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 06 Jul 2018 08:23
Last Modified: 03 Jul 2021 04:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7955

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics