Analisis strategi penetapan harga bandeng presto dalam menghadapi persaingan usaha : studi kasus pada UKM Bandeng Presto Desa Dukutalit, Juwana, Pati

Mudawamah, Siti (2017) Analisis strategi penetapan harga bandeng presto dalam menghadapi persaingan usaha : studi kasus pada UKM Bandeng Presto Desa Dukutalit, Juwana, Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
132411066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Harga merupakan suatu hal yang penting dalam menjual suatu produk. Harga juga menjadi faktor terpenting dalam persaingan usaha. Penetapan harga yang tepat dapat mempengaruhi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Penetapan harga bukanlah suatu hal yang mudah bagi pemilik perusahaan. Perusahaan harus memikirkan strategi penetapan harga yang tepat untuk produk yang dijual. Usaha bandeng presto merupakan usaaha unggulan di Desa Dukutalit. Penelitian ini berjudul “Analisis Strategi Penetapan Harga Bandeng Presto dalam Menghadapi Persaingan Usaha (Studi Kasus pada UKM Bandeng Presto Desa Dukutalit, Juwana, Pati)”. Adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui strategi penetapan harga yang ada dalam UKM bandeng presto di desa Dukutalit, Juwana, Pati, serta untuk mengetahui strategi yang diterapkan UKM bandeng presto di desa Dukutalit, Juwana, Pati dalam menghadapi persaingan usaha. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi dan dokumentasi di Desa Dukutalit, Juwana, Pati. Data penelitian yang telah diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan analisis hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi penetapan harga yang digunakan UKM bandeng presto dalam menghadapi persaingan usaha yaitu dengan menggunakan metode penetapan harga mark-up. Secara pandangan Islam penetapan harga yang ada di UKM bandeng presto di Desa Dukutalit sudah mengikuti ajaran Islam. Penetapan harga sesuai Islam yaitu menetapkan harga berdasarkan permintaan dan penawaran yang ada didalam pasar. strategi keunggulan bersaing yang digunakan dalam usaha bandeng presto yaitu cost advantage. Dalam strategi ini UKM bandeng presto menghasilkan produk yang sama yaitu berupa bandeng presto dengan biaya yang rendah. Persaingan usaha bandeng presto di Desa Dukutalit merupakan persaingan yang sehat karena tidak melanggar prinsip syariah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAnwar, KhoirulUNSPECIFIED
Thesis advisorFauzi, MuchammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Penetapan harga; Persaingan usaha; Usaha kecil dan menengah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:13
Last Modified: 18 Jul 2018 07:13
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7959

Actions (login required)

View Item View Item