Pengaruh nilai taksiran, promosi dan pelayanan pegadaian terhadap pengembalian pembiayaan barang gadai emas di unit cabang Pegadaian Syariah Ngaliyan Square Semarang

Maimunah, Siti (2017) Pengaruh nilai taksiran, promosi dan pelayanan pegadaian terhadap pengembalian pembiayaan barang gadai emas di unit cabang Pegadaian Syariah Ngaliyan Square Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
132411097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pegadaian adalah satu-satunya badan usaha di Indonesia yang secara resmi mempunyai ijin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana ke masyarakat atas dasar hukum gadai.Pegadaian syariah harus mampu mengembangkan nilai tambah dari jasa gadai emas yang ditawarkan. Unit Pegadaian Syariah Ngaliyan Square, memiliki barang gadai emas yang fluktuatif dan barang lelangyang belum terjual dikarenakan macetnya pengembalian pembiayaan. Jika baranggadaiemas tersebut memiliki nilai besar akan menimbulkan kerugianbagi pegadaian akibat macetnya pengembalian pembiayaan tersebut.Macetnya pengembalian pembiayaan barang gadai emas tersebut diduga dipengaruhi oleh nilai taksiran, promosi dan juga pelayanan. Penelitian ini merupakan studi dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data primer diperoleh melalui pengumpulan data berupa kuesioner serta hasil wawancara lansung dari nasrasumber terkait. Adapun responden dalam penelitian ini yakni nasabah yang akan dan sudah menggunakan jasa pembiayaan Gadai Emas di Unit Cabang Pegadaian Syariah Ngaliyan Square sebanya 20 orang yang dipilih dengan menggunakan tehnik Random samplingdan dianalisis menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini mennjukkan bahwa faktor nilai taksiran, promosi dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembalian pembiayaan barang gadai emas syariah. Dengan persamaan regresi Y=2,491+0,646XI+0,241X2+0,208X3. Hasil pengujian parsial menyimpulkan bahwa faktor nilai taksiran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembalian pembiayaan barang gadai emas syariah, dengan nilai t hitung sebesar 3,455 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003. Faktor promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengembalian pembiayaan barang gadai emas syariah dengan nilai t hitungnya sebesar 0,809 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,431. Sedangkan faktor pelayanan juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengembalian pembiayaan barang gadai emas syariah di Unit Cabang Pegadaian Syariah Ngaliyan Square Semarang dengan nilai t hitung sebesar 0,926 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,368.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFurqon, AhmadUNSPECIFIED
Thesis advisorYuningrum, HenyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pegadaian syariah; Nilai taksiran; Promosi; Pelayanan; Pengembalian pembiayaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:16
Last Modified: 18 Jul 2018 07:16
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7961

Actions (login required)

View Item View Item