Strategi usaha kantin kejujuran mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Azizah, Siti Nur (2017) Strategi usaha kantin kejujuran mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
132411053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kantin kejujuran merupakan salah satu model atau strategi praktik implementasi pendidikan anti korupsi. Karena pada kantin kejujuran tidak ada penjual atau yang menjaga barang dagangan, sehingga kesadaran untuk selalu berbuat jujur sangat dituntut dalam bertransaksi di kantin kejujuran. Di UIN Walisongo Semarang juga ditemukan praktik kantin kejujuran, akan tetapi kantin kejujuran ini diadakan oleh mahasiswa yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Tentunya pilihan usaha kantin kejujuran ini berisiko mengingat tidak ada yang menjaga barang dagangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dan strategi penanggulangan risiko kantin kejujuran mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang mempunyai usaha kantin kejujuran, sedangkan sumber data sekunder peneliti peroleh dari dokumen pihak UIN Walisongo Semarang, artikel, jurnal dan buku-buku yang mendukung tema penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu metode analisis fenomenologi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, motivasi usaha kantin kejujuran mahasiswa UIN Walisongo Semarang karena kebutuhan ekonomi, dan termotivasi karena kebutuhan aktualisasi diri, yaitu mereka termotivasi karena ingin belajar berwirausaha dan menghadapi risiko dan mengembangkan kemampuan. Adapun strategi penanggulangan risiko yang dilakukan yaitu dengan upaya pencegahan dan pengurangan kemungkinan terjadinya peristiwa yang menimbulkan kerugian. 1) Risiko ketidakjujuran dan pencurian dengan cara menuliskan ajakan berbuat jujur sekaligus mengingatkan pembeli agar berbuat jujur pada kotak penyimpanan barang, mengamankan tempat penyimpanan uang pembayaran dan mengambil uang pembayaranya secara berkala. 2) Risiko kerusakan produk dengan cara memperbaiki kualitas produk. 3) Risiko salah menempatkan uang pembayaran dengan cara menjelaskan cara membayar atau menempatkan uang pembayaran dan mensosialisasi penjual lain agar menyediakan tempat penyimpanan uang pembayaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorYahya, ImamUNSPECIFIED
Thesis advisorNadzir, MohammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kantin kejujuran; Strategi usaha; Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:23
Last Modified: 18 Jul 2018 07:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7967

Actions (login required)

View Item View Item