Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKN Melalui Metode Jigsaw (Studi Tindakan Siswa Kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Tahun Pelajaran 2012/2013)

Ihsan, Luzumul (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKN Melalui Metode Jigsaw (Studi Tindakan Siswa Kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Tahun Pelajaran 2012/2013). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
073911013_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
073911013__BAB1.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073911013__BAB2.pdf - Accepted Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073911013__BAB3.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073911013__BAB4.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073911013__BAB5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073911013__Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn khususnya materi sistem pemerintahan desa. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang bersifat konvensional yakni lebih terpusat pada guru (teacher centre). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PKn tentang sistem pemerintahan desa di kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah melalui penerapan metode jigsaw. Manfaat Penelitian ini yaitu memberikan sumbang pemikiran dalam melakukan inovasi pembelajaran dari teacher centered ke student centered. Melalui penerapan metode jigsaw peserta didik akan terlibat secara langsung dalam menggali dan memproses pengetahuannya sendiri. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw pada materi pokok sistem pemerintahan desa peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah tahun pelajaran 2012/2013? 2) Apakah dengan Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV materi pokok sistem pemerintahan desa?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapan dari setiap siklusnya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru dan peserta didik melalui tes, observasi dan dokumentasi. Adapun tolok ukur keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila hasil belajar peserta didik mampu mencapai nilai rata-rata 65 dan banyaknya peserta didik yang memperoleh nilai 65 minimal 70% Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran kooperatif metode jigsaw dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif. 2) hasil belajar pada pra siklus mencapai rata-rata 63,6 meningkat menjadi 69,2 pada siklus I dan meningkat menjadi 75,4 pada siklus II. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas belajar ada 10 peserta didik (40%) dan yang tidak tuntas belajar 15 peserta didik (56%), pada siklus I peserta didik yang tuntas belajar ada 19 peserta didik (76%) dan yang tidak tuntas belajar ada 4 peserta didik (24%), sedangkan pada siklus II peserta didik yang tuntas belajar ada 24 peserta didik (96%) dan yang tidak tuntas belajar ada 1 peserta didik (4%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah tahun pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pendidikan Kewarganegaraan; Metode Jigsaw
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 10 Dec 2013 06:25
Last Modified: 10 Dec 2013 06:25
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item View Item