Analisis strategi pemasaran usaha mebel dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus pada UD. Jati Makmur Kabupaten Pati

Yohanna, Rini (2018) Analisis strategi pemasaran usaha mebel dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus pada UD. Jati Makmur Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
132411040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bisnis merupakan suatu aktivitas yang membutuhkan pemahaman serius, tahap paling penting yang dilakukan seorang pebisnis yaitu dengan merancang sebuah strategi, sehingga dalam berbinis dapat menguntungkan dan mempunyai prospek yang bagus. Salah satu strategi yang di aplikasikan dalam bisnis yaitu strategi marketing mix. Dalam strategi ini bagaimana cara mengaplikasikan 4P yang terdiri dari product, price, promotion, dan place yang dikombinasikan dengan metode segmentasi, targeting dan positioning yang dilakukan oleh UD. Jati Makmur untuk merebut persaingan pasar. Dari hal tersebut terdapat dua rumusan masalah yaitu: a) Bagaimana strategi pemasaran usaha mebel UD. Jati Makmur dalam perspektif Islam; dan b) Bagaimana analisis strategi pemasaran UD. Jati Makmur dalam merebut persaingan pasar? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif fenomenologis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Jati Makmur telah menjalankan strategi pemasaran yaitu Marketing Mix dan STP (Segmentasi, Targeting dan Positioning). Berdasarkan hasil analisis Marketing Mix, diketahui bahwa pengaplikasian product, price, promotion dan place ini sudah sesuai dengan strategi pemasaran syariah, dimana produk yang dijual tidak haram, harganya tidak memberatkan konsumen, promosinya menggunakan metode pemasaran yang sudah sesuai dengan ajaran Islam, dan distribusinya masih mengandalkan kedatangan konsumen ke tempat produksi. Sedangkan STP (segmentasi, targeting, dan positioning) yang digunakan untuk merebut persaingan pasar dengan cara memberikan pelayanan yang memuaskan, testimony dari konsumen, memperluas jaringan, dan meningkatkan kualitas dan standar produk.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSaekhu, SaekhuUNSPECIFIED
Thesis advisorNadzir, MohammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Marketing Mix; Mebel; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:27
Last Modified: 20 Jul 2018 02:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7980

Actions (login required)

View Item View Item