Konsep Pluralisme Agama dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam Studi Analisis Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid

Munawaroh, Jauharotul (2012) Konsep Pluralisme Agama dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam Studi Analisis Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111073_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111073_BAB1.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111073_BAB2.pdf - Accepted Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111073_BAB3.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111073_BAB4.pdf - Accepted Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111073_BAB5.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111073_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (114kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pemikiran KH. Abdurrahman Wahid tentang pluralisme agama? 2) Bagaimana implikasi pemikiran pluralisme agama KH. Abdurrahman Wahid dalam pendidikan Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran KH. Abdurrahman Wahid tentang pluralisme agama dan bagaimana bentuk implikasi pemikiran pluralisme KH. Abdurrahman Wahid ke dalam pendidikan Islam. Jenis Penelitian ini yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (Library Reseach). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan mengkaji serta menganalisis karya-karya KH. Abdurrahman Wahid yang meliputi sumber data primer dan sekunder untuk kemudian disimpulkan serta implikasinya dalam pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis filisofis. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analisis). Dengan metode tersebut, gagasan-gagasan KH. Abdurrahman Wahid yang terkait dengan pluralisme agama dianalisis secara mendalam dan menyeluruh supaya memperoleh kesimpulan yang valid dan komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Pemikiran Konsep Pluralisme agama KH. Abdurrahman Wahid yaitu pribumisasi Islam, nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia, prinsip humanis dalam pluralitas masyarakat, prinsip keadilan dan egaliter. 2. Implikasi dari pemikiran Pluralisme KH. Abdurrahman Wahid dalam pendidikan Islam bahwa dalam hal ini penulis mengambil dan menganalisis ide-ide pemikiran pluralism KH. Abdurrahman Wahid yang akan menjadi masukan bagi dunia pendidikan Islam. Adapun hal-hal yang perlu ditekankan dalam proses pengajaran pendidikan Islam adalah: paradigma agama, antara inklusif dn eksklusif; pendidikan Islam, humanis dan egalitarian; demokratisasi pendidikan serta penuh etika dan moral. Jadi, adanya upaya memadukan kesalahen personal dan kesalehan sosial: keselamatan insaniyah, kemaslahatan basyariyah, serta keselamatan alam. Pendidikan tidak semata memicu kecerdasan yang bersifat kognitif semata, tetapi juga aspek afektif dan psikomotorik yaitu: prilaku kongrit terhadap sosial kemasyarakat

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pluralisme Agama; Pendidikan Islam; KH. Abdurrahman Wahid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 10 Dec 2013 06:42
Last Modified: 10 Dec 2013 06:42
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/801

Actions (login required)

View Item View Item