Fiqh Pengelolaan Zakat Produktif sebagai Upaya Pengembangan Sumber Daya Mustahik (Studi Kasus di Badan Pelaksana Urusan Zakat Muhammadiyah (BAPELURZAM) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weleri Kendal)

Huda, Khusnul (2012) Fiqh Pengelolaan Zakat Produktif sebagai Upaya Pengembangan Sumber Daya Mustahik (Studi Kasus di Badan Pelaksana Urusan Zakat Muhammadiyah (BAPELURZAM) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weleri Kendal). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
KhusnulHuda_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Zakat yang tetap dan jumlahnya cukup besar yang terkumpul diperlukan sistem pengelolaan yang baik agar lebih mengena pada sasaran dan terlihat jelas manfaatnya. Badan pelaksana urusan zakat Muhammadiyah (BAPELURZAM) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weleri Kendal merupakan salah satu bentuk badan zakat yang dibentuk untuk mencapai daya guna, hasil guna dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana zakat sehingga dapat meningkatkan peran serta umat dalam rangka pembangunan manusia seutuhnya dengan penggalian dan pengelolaan dana zakat. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana pelaksanaan pengelolaan zakat produktif di BAPELURZAM Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weleri Kendal bagi peningkatan sumber daya manusia? 2) Bagaimana relevansi pengelolaan zakat produktif di BAPELURZAM Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weleri Kendal bagi peningkatan sumber daya manusia? 3) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pengelolaan zakat produktif di BAPELURZAM Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weleri Kendal? Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunujukkan: 1) Pelaksanaan pengelolaan zakat produktif di BAPELURZAM Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weleri Kendal dilakukan dengan menyadarkan kaum muslimin untuk sadar zakat baik melalui ceramah, khutbah, pamflet, brosur, reklame dan lainnya. Bentuk zakat menggunakn konsep amwal yaitu perhitungan nishab secara terpadu yaitu nishab dihitung dari seluruh harta yang dimiliki oleh muzakki. 2) Relevansi pengelolaan zakat produktif di Badan Pelaksana Urusan Zakat Muhammadiyah (BAPELURZAM) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weleri Kendal bagi peningkatan sumber daya manusia yaitu pada proses pengembanan pemberian beasiswa berkelanjutan, modal kerja atau investasi (produktif), sehingga nantinya mustahik dan mengembangkan derajatnya menuju muzakki. 3) Tinjauan hukum Islam terhadap pengelolaan zakat produktif di Badan Pelaksana Urusan Zakat Muhammadiyah (BAPELURZAM) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weleri Kendal mengarah pada kajian hukum Islam mengenai 1) keberadaan amil yang berikan tugas untuk menghimpun dana zakat sebagai perintah Allah untuk mengambil harta dari orang-orang yang sudah berkewajiban zakat 2) pembahasan amwal, menurut BAPELURZAM adalah harta terpadu, karena amwal menunjukkan ari seluruh harta yang menunjukkan harta yang dimiliki seseorang bukan bagain harta yang dimiliki seseorang. 3) Pembahasan pengelolaan zakat produktif dengan memberikan modal usaha pada mustahik, program beasiswa, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan dakwah Islam yang nantinya akan meningkatkan kehidupan mustahik yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Zakat Produktif; Manajemen Zakat; Zakat Management
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Sep 2013 03:45
Last Modified: 26 Sep 2013 03:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item View Item