Efektivitas Pembelajaran Fisika dengan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Gerak Lurus Kelas VII SMP Futuhiyyah Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2011/2012

Andarwati, Ria (2013) Efektivitas Pembelajaran Fisika dengan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Gerak Lurus Kelas VII SMP Futuhiyyah Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083611026_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611026_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611026_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611026_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611026_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611026_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083611026_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan salah satu bidang studi yang memiliki objek yang abstrak. Sehingga sifat abstrak tersebut menyebabkan banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar. Apalagi selama ini guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga banyak peserta didik yang merasa bosan dengan pembelajaran tersebut. Untuk itu, peneliti menggunakan model pembelajaran ARIASdalam kegiatan belajar mengajar dan diharapkan dapat mengurangi kesulitan belajar peserta didik. Sehingga belajar fisika lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran fisikamenggunakan model ARIASefektif dalam meningkatkan hasil belajarpeserta didik kelas VIIdi SMP Futuhiyyah Mranggen Demakpada materi pokok gerak lurus.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMP Futuhiyyah Mranggen Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII(VIIA,VIIB,VIIC,dan VIID). Kemudian diperoleh sampel peserta didik kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIIB sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas mempunyai jumlah siswa 32 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data-data nama dan nilai mid semester peserta didik yang termasuk dalam populasi dan sampel penelitian. Selain itu digunakan metode tes (multiple choice tes) untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Selain diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Dalam uji hipotesis penelitian menggunakan Uji t-tes. Berdasarkan perhitungan Uji t-tes dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung = 3,18 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung>ttabelberarti rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ARIASefektif terhadap hasil belajar peserta didik, hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 67,97 sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata yang lebih kecil yaitu 61,72. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran ARIASefektif terhadaphasil belajar peserta didik pada materi pokok gerak lurus kelas VII semester genap di SMP Futuhiyyah Mranggen Demak tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fisika; Model Pembelajaran; Assurance Relevance Interest Assessment and Satisfaction (ARIAS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 11 Dec 2013 05:29
Last Modified: 11 Dec 2013 05:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item View Item