Implementasi Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi pada Materi Pokok Laju Reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA NU 01 Al Hidayah Kendal Tahun Ajaran 2012-2013

Malik, Abdul (2013) Implementasi Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi pada Materi Pokok Laju Reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA NU 01 Al Hidayah Kendal Tahun Ajaran 2012-2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083711001_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711001_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711001_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711001_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711001_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711001_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083711001_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kimia menggunakan pembelajaran berbasis multipel representasi pada materi laju reaksi.2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran kimia materi pokok laju reaksi dengan pembelajaran berbasis multipel representasi. Dari hasil wawancara peneliti kepada guru mata pelajaran kimia, siswa kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar sehingga daya pikir peserta didik kurang berkembang. Penerapan metode ceramah menghasilkan dampak yang kurang baik pada taraf berpikir dan belajar siswa untuk menemukan konsep, mengembangkan pengetahuan, serta kurang terlatih untuk mengembangkan daya nalarnya untuk mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajarinya dalam memecahkan permasalahan yang dijumpai. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkanhasil belajar, dan pemahaman konsep serta keaktifan siswa. Subyek penelitian adalah siswakelas XI IPA SMA NU 01 Al-Hidayah Kendal tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 18 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil pengamatan untuk kemampuan hasil belajar pada siswaSMA NU 01 Al-Hidayah Kendaldalam pembelajaran kimia materi pokok laju reaksi belum baik. Hal initerlihatpadasiklus I, akantetapipadasiklus II hasil belajar siswamulaiterlihatadanya peningkatan yang baiksehinggasiswadapatmemahami pembelajaran dengan multipel representasi yang dituangkandalamhasilbelajar. Hasil yang didapat dari pembelajaran dengan multipel representasi, pada siklus I rata-rata belajar siswa65,65 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72,22%.Sedangkan pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswamengalami peningkatan yaitu sebesar 70,22 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,88% pada siklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan pembelajaran berbasis multipel representasi pada materi pokok laju reaksi meningkat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran; Multipel Representasi; Laju Reaksi; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 11 Dec 2013 05:31
Last Modified: 11 Dec 2013 05:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/816

Actions (login required)

View Item View Item