Efektivitas terapi kaligrafi untuk menurunkan gangguan adiksi game online Pokemon Go pada siswa SMP Islam Al Kautsar Semarang

Saputro, Dimas (2018) Efektivitas terapi kaligrafi untuk menurunkan gangguan adiksi game online Pokemon Go pada siswa SMP Islam Al Kautsar Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecanduan game Pokemon Go adalah seseorang yang ketergantungan terhadap karakter monster-monster untuk menangkap, melatih, mempertarungkan semua jenis Pokemon. Sementara Terapi Kaligrafi adalah salah satu treatment yang menggunakan media seni, gambar-gambar, proses kreatif seni, dan respon-respon klien terhadap produk seni yang dihasilkannya melalui tulisan ayat-ayat Quran berlandasakan hukum Islam, sebagai refleksi dari perkembangan individu, kemampuan-kemampuan, kepribadian, ketertarikan-ketertarikan, pusat perhatian, dan konflik-konfliknya. Dengan mencipta seni melalui media dapat membangkitkan kepercayaan diri bahwa mereka mampu menciptakan seseuatu yang beharga. Bila seni melalui kaligrafi dikomunikasikan melalui kelompok terapi, maka dapat membangkitkan harga diri penderita kecanduan game online Pokemon Go. Penelitian ini bersifat kuantitatif true eksperimen dengan desain eksperimennya yaitu Pretest-posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah Purposive Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut diambil sampel sebanyak 66 murid (33 sebagai kelompok eksperimen, dan 33 sebagai kelompok kontrol). Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala dan penilaian observasi. Analisis data menggunakan Uji T independen, Uji T dependent, dan Regresi sederhana dengan bantuan SPSS (Statistical Program For Social Service) versi 20.00 for windows. Hasil uji hipotesis 1 diperoleh t = 4.458 dengan p = 0.000 (p<0,05). Hasil uji hipotesis 2 diperoleh t = 16.240 dengan p = 0.000 (p<0,05). Dan Hasil uji hipotesis 3 diperoleh nilai R = 135.054 dengan p = 0.000 (p<0,05). Dari beberapa hipotesis disimpulkan. Ada perbedaan perubahan tingkat adiksi game online Pokemon Go antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Ada perbedaan tingkat adiksi siswa antara sebelum menyusun media puzzle kaligrafi dan setelah menyusun puzzle kaligrafi. Ada pengaruh terapi kaligrafi terhadap penurunan gangguan adiksi game online Pokemon Go.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
Thesis advisorRejeki, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Terapi kaligrafi; Adiksi game online: kecanduan game
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 07 Sep 2018 03:33
Last Modified: 07 Sep 2018 03:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8232

Actions (login required)

View Item View Item