Konsep sabar dalam menangani anak tunagrahita : studi terhadap pemahaman guru di KB-TK Assakinah Inklusi Wirosari

Muzaro'ah, Chotimatul (2018) Konsep sabar dalam menangani anak tunagrahita : studi terhadap pemahaman guru di KB-TK Assakinah Inklusi Wirosari. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
134411058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kesabaran merupakan kunci utama yang harus dimiliki guru dalam mendidik anak tunagrahita. Hal ini dikarenakan anak dengan tunagrahita mudah pelupa, susah mengerti dan susah memahami perintah yang kompleks. Mendidik siswa tunagrahita tentu tidak sama dengan mendidik siswa normal, guru harus memahami karakteristik-karakteristik anak tunagrahita. Oleh karena itu guru siswa tunagrahita dituntut memiliki kesabaran yang lebih dalam menangani dan mendidik anak tunagrahita. Jika seorang guru telah memiliki kesabaran yang baik dalam mendidik anak tunagrahita pasti mampu mengayomi semua peserta didik terlebih siswa yang memiliki kebutuhan khusus tunagrahita dalam mengembangkan potensi anak tunagrahita. Adapun pokok masalah dalam penelitian ini mencakup bagaimana sifat sabar pada guru dapat mempengaruhi proses kegiatan belajar siswa tunagrahita, sehingga dalam penelitian ini penulis mengambil tiga rumusan masalah: pertama, bagaimanakah pemahaman guru terhadap konsep sabar dalam menangani anak tunagrahita. Kedua, bagaimanakah bentuk-bentuk aplikasi konsep sabar dalam menangani anak tunagrahita. Ketiga, faktor-faktor apa sajakah yang mendorong para guru untuk berperilaku sabar dalam menangani anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan objek penelitian guru yang menangani anak tunagrahita di KB-TK Assakinah Inklusi Wirosari. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif guna memaparkan mengenai situasi yang ada dalam lapangan. Metode yang digunakan untuk mencari data di lapangan adalah metode observasi, metode interview (wawancara) dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep sabar guru dalam menangani anak tunagrahita Pemahama konsep sabar dari guru dalam menangani anak tunagrahita di KB-TK Assakinah Inklusi Wirosari yakni dengan; menerima kondisi anak tunagrahita, dapat menahan diri dari perlakuan negative anak tunagrahita, memberikan toleransi terhadap anak tunagrahita, dan memiliki perhatian terhadap anak tunagrahita. Bentuk-bentuk pemahaman tersebut diaplikasikan dalam wujud rasa sabar dan menerima segala perlakuan anak tunagrahita, menyayangi dengan tulus anak tunagrahita, penuh perhatian terhadap anak tunagrahita, menerima anak tunagrahita apa adanya, dan memberikan toleransi terhadap anak tunagrahita. Faktor-faktor yang dapat mendorong pemahaman konsep sabar seorang guru dalam menangani anak tunagrahita, yaitu: Adanya faktor umur, faktor pengalaman, faktor penguasaan ilmu, faktor keberagamaan (religiusitas). Meskipun pemahaman dari masing-masing subjek berbeda tetapi semua subjek setuju bahwa sabar adalah kunci utama yang harus dimiliki guru dalam mendidik anak tunagrahita berbekal pemahaman sabar yang mereka miliki.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorArikhah, ArikhahUNSPECIFIED
Thesis advisorAnshori, BahroonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sabar; Guru TK; Anak Tunagrahita
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 07 Sep 2018 03:40
Last Modified: 07 Sep 2018 03:40
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8237

Actions (login required)

View Item View Item