Strategi Funding terhadap Produk SIRELA pada KJKS Binama Semarang

Tsani, Izmi Afri Naula (2013) Strategi Funding terhadap Produk SIRELA pada KJKS Binama Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
102503034_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503034_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503034_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503034_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503034_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503034_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Di Indonesia, bank syari’ah yang pertama didirikan pada tahun 1992 adalah Bank Muamalat Indonesia (BMI). Menurut Undang- Undang nomor 8 tahun 2008 tentang perbankan syari’ah. Bank syari’ah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syari’ah dan menurut jenisnya terdiri atas bank umum syari’ah dan bank pembiayaan rakyat syari’ah. KJKS BINAMA mempunyai beberapa produk penghimpunan dana (funding), salah satu diantaranya adalah produk SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) yang merupakan produk unggulan. Tabungan Sirela merupakan realisasi dari produk penghimpunan dana yang dilakukan oleh KJKS Binama untuk menyalurkan dana kepada masyarakat melalui pembiayaan. Didasarkan atas akad mudharabah, adalah akad antara dua pihak, satu pihak sebagai Shahibil Maal ( penyedia modal) dan pihak lain sebagai Mudharib (pengelola modal). Atas kerjasama ini berlaku bagi hasil dengan nisbah yang telah disepakati. Sirela adalah juga syarat untuk pencairan pembiayaan, karena sirela adalah wadah uang yang dicairkan dan sebagai sarana untuk setoran bagi mitra yang membutuhkan dana. Keunggulan atau keistimewaan dari produk sirela : Penyetoran dan Penarikan dapat dilakukan sewaktu-waktu, Dapat dijadikan jaminan pembiayaan, Dapat dijadikan simpanan pribadi atau simpanan keluarga, Layanan jemput bola, oleh petugas KJKS Binama ke tempat tujuan mitra. Dengan layanan setoran maupun penarikan pembiayaan, Bebas biaya administrasi bulanan, Nisbah bagi hasil = 28% : 72%, Berhadiah yang di undi pada waktu bulan Januari dan bulan Juli, Sistem Online antar cabang. Penelitian ini memakai penelitian kualitatif yakni suatu metode untuk meneliti status kelompok manusia, suatu kondisi, suatu objek, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi gambaran atau suatu lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat - sifat serta hubungan antara fenomena yang telah diselidiki. Hasil penelitian yang penulis lakukan di KJKS Binama Semarang, Produk Sirela ini merupakan simpanan dirancang untuk membantu masyarakat yang mempunyai kelebihan dana agar dapat tersimpan dengan aman dan bila di butuhkan dapat diambil sewaktu – waktu,tidak dikenakan biaya administrasi bulanan dan mendapat bagi hasil sesuai dengan nisbah yang ada di KJKS atas dana yang tersimpan Sukarela Lancar yang mana dalam pelaksanaannya menggunakan akad mudharabah. Koperasi Jasa Keuangan Syariah ( KJKS ) Binama adalah koperasi jasa keuangan syariah yang menggunakan dengan prinsip, hukum syariah dalam bidang marketing dan operasionalnya, dengan menciptakan produk-produk berdasarkan akad berlandaskan hukum syariah. Disalah satu produknya adalah Sirela, produk Sirela ini adalah produk yang menggunakan akad mudharabah dan produk Sirela ini yang paling unggul dan yang paling banyak diminati oleh para mitra.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Funding; Simpanan Sukarela Lancar (SIRELA)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Qomarudin
Date Deposited: 11 Dec 2013 05:39
Last Modified: 11 Dec 2013 05:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/825

Actions (login required)

View Item View Item