Pemikiran Jean Baudrillard tentang simulacra dalam budaya peniruan produk bermerek menurut perspektf Islam

Sari, Nur Indah (2018) Pemikiran Jean Baudrillard tentang simulacra dalam budaya peniruan produk bermerek menurut perspektf Islam. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
134111041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi mengenai pola kehidupan masyarakat saat ini yang mempunyai sifat konsumtif sehingga membentuk budaya baru yang pada akhirnya menjadikan terbentuknya sifat konsumtif yang bertambah dan bagaimana etika Islam menyikapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Jean Baudrillard mengenai masyarakat konsumsi dan simulacra, serta memberikan gambaran kepada masyarakat menegai budaya peniruan produk bermerek, dan mengetahui etika bisnis Islam dalam menyikapi masalah peniruan produk bermerek. Jenis penelitian ini dalam kategori penelitian jenis library research atau riset kepustakaan dimana data yang diperoleh dari literature, dokumen, dan refrensi yang berhubungan dengan judul skripsi.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat induktif, maka metode pendekatan analisisnya yang digunakan adalah graunded research. Adapun hasil dari analisis secara keseluruhan menunjukan bahwa terjadi perubahan pola konsumsi pada masyarakat saat ini atau biasa disebut masyarakat konsumsi, dimana tingkat konsumsi ditentukan oleh kelas sosial yang ada pada kelompok tertentu. Adanya konsep simulacra ini masyarakat mencoba menerapkan dalam hal berbisnis dengan meniru produk asli yang sudah memiliki merek tersendiri. Hal ini menjadikan maraknya peniruan produk bermerek di kalangan industri demi memenuhi permintaan pasar yang mana tentu banyak yang merasa dirugikan diantaranya pemerintah, pemilik produk asli, dan masyarakat itu sendiri. Tentunya budaya peniruan produk tersebut dapat membentuk masyarakat yang lebih konsumtif. Etika Islam menyikapi adanya perbuatan peniruan produk bermerek yang saat ini bahwa prinsip-prinsip berbisnis dan konsep filsafat etika dalam berbisnis sudah tidak diterapkan oleh pelaku bisnis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAchmadi, AsmoroUNSPECIFIED
Thesis advisorTsuwaibah, TsuwaibahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peniruan Produk bermerek; Imitasi; Etika Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 20 Sep 2018 04:09
Last Modified: 20 Sep 2018 04:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8252

Actions (login required)

View Item View Item