Peran lagu dalam penguasaan mufrodat bahasa Arab pada siswa kelas IV MI Walisongo Jerakah Semarang tahun ajaran 2016/2017

Anjani, Sunny (2017) Peran lagu dalam penguasaan mufrodat bahasa Arab pada siswa kelas IV MI Walisongo Jerakah Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, rumusan permasalahan yang diambil adalah (1) Bagaimana peran lagu dalam penguasaan mufrodat bahasa arab pada siswa kelas IV MI Walisongo Jerakah Semarang? (2) Apa kelebihan dan kekurangan peran lagu dalam penguasaan mufrodat bahasa Arab pada siswa kelas IV MI Walisongo Jerakah Semarang? Dari rumusan diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran lagu dalam penguasaan mufrodat bahasa arab pada siswa kelas IV MI Walisongo Jerakah Semarang dan juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan peran lagu dalam penguasaan mufrodat bahasa Arab pada siswa kelas IV MI Walisongo Jerakah Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab tentang penguasaan mufrodat pada siswa kelas IV MI Walisongo Jerakah Semarang dengan adanya peran lagu dalam penguasaanmufrodat bahasa Arab sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya observasi oleh peneliti di kelas IV MI Walisongo Jerakah Semarang. Suasana pembelajarannyaterlihat menyenangkan , aktif dan kreatif. Hal tersebut terlihat dari keaktifan peserta didik dalam menyanyikan lagu mufrodat, dan juga kektifan guru dalam menuntun peserta didiknya untuk menghafalkan mufrodat dengan cara menggunakan lagu. Faktor-faktor yang mendukung diantaranya: adanya kemauan dari semangat dari pendidik untuk menerapkan pembelajaran PAIKEM dalam pembelajaran bahasa Arab, antusiasme peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, sarana prasaran yang cukup dan lengkap. Dan dukungan dari kepala Sekolah yang diwujudkan dengan pelatihan PAIKEM bagi guru-guru dilingkungan MI Walisongo Jerakah Semarang. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat : ramainya peserta didik ketika menggunakan metode lagu, penempatan waktu pembelajaran bahasa arab di waktu menjelang siang, sehingga masih ada beberapa peserta didik yang kurang fokus ketika pembelajaran bahasa Arab Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam menerapkan model pembelajaran berbasis PAIKEM dalam pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berimplimentasi pada terwujudnya pendidikan yang berkualitas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorUbaidillah, UbaidillahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lagu; Mufrodat bahasa Arab; Kosa kata; Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 20 Sep 2018 04:19
Last Modified: 20 Sep 2018 04:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8259

Actions (login required)

View Item View Item