Efektivitas metode teams game tournament (TGT) berbantu media visual gambar terhadap prestasi belajar mata pelajaran SKI pada pengamalan sholat lima waktu sebagai hikmah dari peristiwa isrā mi'raj di kelas IV MI Al Khoiriyyah 1 Semarang tahun ajaran 2016/2017

Ihsan, Ahmad Mawahibul (2017) Efektivitas metode teams game tournament (TGT) berbantu media visual gambar terhadap prestasi belajar mata pelajaran SKI pada pengamalan sholat lima waktu sebagai hikmah dari peristiwa isrā mi'raj di kelas IV MI Al Khoiriyyah 1 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI yang disebabkan oleh sulitnya siswa memahami makna yang terkandung dari setiap kejadian pada peristiwa Isrā Mi ̒raj dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang memberikan keterlibatan secara langsung peserta didik dalam proses pembelajaran materi pengamalan sholat lima waktu sebagai hikmah dari peristiwa Isrā Mi ̒raj. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh metode Teams Game Tournament berbantu media visual gambar terhadap prestasi belajar pada materi pengamalan sholat lima waktu sebagai hikmah dari peristiwa Isrā Mi ̒raj di kelas IV MI Al Khoiriyyah 1 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVc sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 orang dan kelas IVb sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Berdasarkan hasil posttest yang telah dilakukan, nilai rata-rata kelas kontrol adalah 71,2 dengan standar deviasi (s) 9,90. Sementara nilai rata-rata nilai eksperimen adalah 84,77 dengan standar deviasi (s) 10,37. Dari analisis data akhir diperoleh t_hitung = 4,095 dan t_tabel= t_((0,05)(41)) = 2,020. Karena t_hitung>t_tabel hipotesis yang diajukan diterima. Artinya ada perbedaan signifikan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan metode Teams Game Tournament berbantu media visual gambar dengan peserta didik yang menggunakan metode konvensional. Hasil perhitungan nilai awal dan posttest menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen, presentase peserta didik yang mengalami tingkat efektivitas rendah sebesar 36,36%, sedang sebesar 31,81%, dan tinggi sebesar 31,81%. Sedangkan rata-rata nilai n-gain yang diperoleh kelas eksperimen 0,46 dikategorikan sedang. Berdasarkan pernyataan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode Teams Game Tournament berbantu media visual gambar efektif terhadap materi pengamalan sholat lima waktu sebagai hikmah dari peristiwa Isrā Mi ̒raj peserta didik kelas IV MI Al Khoiriyyah 01 pada mata pelajaran SKI. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik (guru).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRahmawati, TitikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Teams Game Tournament; Media Visual; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 24 Sep 2018 08:33
Last Modified: 24 Sep 2018 08:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8268

Actions (login required)

View Item View Item