Hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa kelas VI MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang tahun pelajaran 2017/2018

Zulaeva, Dewi (2018) Hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa kelas VI MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133911053.pdf]
Preview
Text
133911053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa kelas VI MI Walisongo Jerakah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya fenomena yang terjadi di era modern ini. Kini banyak orang tua yang sibuk dengan dunianya mereka dan melupakan tangung jawab untuk selalu mendampingi perkembangan anak-anak mereka. Sehingga peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang hubungan lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang adakah hubungan positif antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa kelas VI MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan bentuk Studi Korelation. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas VI MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 20 responden. Data yang dikumpulkan dengan metode angket dan dokumentasi. Angket/koesioner digunakan untuk memperoleh data tentang lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa. Penelitian mengenai hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa kelas VI MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018, memiliki dua variabel 1) variabel X (lingkungan keluarga) nilai mean sebesar 56,9 dengan standar deviasi sebesar 7. 2) variabel Y (motivasi belajar siswa kelas VI MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018) nilai mean dari prestasi belajar adalah 56,05 dengan standar deviasi 7,92.
Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi Product Momen. Dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa rxy diperoleh hasil sebesar 0,488 artinya positif dan rxy > rtabel dengan taraf signifikan 5% = 0,444 yang artinya signifikan. Hal ini berarti Hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan “Ada hubungan positif antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa kelas VI MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018” diterima.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khazanah ilmu pengetahuan serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Lingkungan keluarga; Motivasi belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 24 Sep 2018 08:53
Last Modified: 05 Jun 2021 02:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8275

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics