Studi deskriptif faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya dan pesawat sederhana kelas 5 MI Miftahul Ulum Bumijawa Kabupaten Tegal tahun ajaran 2016/2017

Mentari, Renawati (2017) Studi deskriptif faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya dan pesawat sederhana kelas 5 MI Miftahul Ulum Bumijawa Kabupaten Tegal tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133911080.pdf]
Preview
Text
133911080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran IPA terdapat siswa kelas 5mengalami
kesulitan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa, mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi kesulitan belajar, yang dialami siswa kelas 5 MI Miftahul Ulum Bumijawa Kabupaten Tegal.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas 5 MI Miftahul Ulum Bumijawa Kabupaten Tegal yang
berkesulitan belajar IPA, guru kelas dan juga wali murid. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini mengunakan Interactive Analysis Model. Dalam memperoleh keabsahan data peneliti melakukan uji credibility dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkesulitan belajar, pada pokok bahasan Gaya dan Pesawat sederhana. Kesulitan yang dialami siswa dalam belajar IPA yaitu kesulitan memahami penjelasan dan maksud soal, kesulitan memahami konsep. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor internal diantaranya, kecerdasan rendah, sikap kurang memperhatikan pembelajaran, minat belajar rendah, dan motivasi belajar rendah. Faktor eksternal diantaranya kurangnya perhatian orang tua, suasana belajar di rumah kurang kondusif, kondisi lingkungan, pengaruh media massa, penyajian materi pembelajaran kurang menarik, metode pembelajaran kurang bervariasi, jarangnya media pembelajaran digunakan, dan saran pembelajaran belum lengkap. Rekomendasi pemecahan masalah pada siswa berkesulitan belajar IPA yang berasal dari dalam diri siswa dilakukan dengan menciptakan conditional, kesulitan yang berasal dari sistem pembelajaran dan metode belajar dilakukan dengan melakukan melakukan remedial teaching dan mengunakan metode yang bervariatif sedangkan kesulitan yang berasal dari luar diri siswa perlu dilakukan seperti melengkapi sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar; Pembelajaran IPA; Pembelajaran sains; Pesawat sederhana
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 25 Sep 2018 06:34
Last Modified: 05 Jun 2021 07:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8277

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics