Pelaksanaan guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan tahun ajaran 2017/2018

Fatimatuzzahroh, Siti (2018) Pelaksanaan guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah adanya pemberlakuan penilaian autentik dalam kurikulum 2013 masih menimbulkan kegamangan pada sebagian besar guru. Masalah yang ada adalah belum terbiasanya guru dalam melakukan perencanaan penilaian. Guru masih kebingungan berkenaan dengan tiga ranah (kognitif, afektif dan psikomotorik) yang melandasi penilaian tersebut, bagaimana bentuk penilaian atau penskorannya beserta formatnya.Oleh karena itu, pada praktiknya implementasi penilaian autentik ini belum menyeluruh diterapkan di lapangan dan belum sesuai dengan tuntutan yang seharusnya diterapkan dalam kurikulum 2013. Tujuan skripsi ini yaitu membahas tentang pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits berupa teknik-teknik penilaian dalam penilaian autentik. Selain itu, skripsi ini juga membahas tentang faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan penilaian autentik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan penilaian autentik di MI MiftahulAkhlaqiyah Ngaliyan meliputi penilaian afektif, penilaian kognitif dan penilaian psikomotorik. Penilaian afektif berupa penilaian observasi, penilaian diri dan penilaian teman sebaya. Penilaian kognitif berupa penilaian tertulis, penilaian lisan, dan penilaian penugasan. Sedangkan penilaian psikomotorik berupa penilaian kinerja, dan penilaian portofolio. Penilaian autentik tersebut terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung diantaranya adanya pelajaran tambahan berupa pembelajaran BTQ untuk menunjang mata pelajaran yang berbasis agama, selain itu sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih kurangnya penguasaan guru berkenaan dengan penilaian autentik, latar belakang orang tua serta waktu yang terbatas. Jadi, Proses pelaksanaan penilaian autentik di MI MiftahulAkhlaqiyah secara realitas sudah terlaksana. Namun, dalam pelaksanaan penialain autentik yang sesuai dengan kurikulum 2013 guru tidak jarang mengalami kendala-kendala. Kendala tersebut antara lain guru harus menilai seluruh peserrta didik satu persatu secara detail yang ada dalam bebeerapa kelas, kendala selanjutnya terdapat pada waktu, yang mana dalam penerapanyya penilaian autentik tersebut menyita banyak waktu mulai dari merencanakan, menerapkan, dan mengola hasil penilaiannya, dan banyaknya perangkat penilaian individu dalam format dan lembaran-lebarannya sehingga menghabiskan banyak kertas dalam pengadaan instrumen. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, guru, tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak akademi khususnya dilingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRozi, FakrurUNSPECIFIED
Thesis advisorMuthohar, SofaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penilaian autentik; Pembelajaran Al-Qur’an; Pembelajaran hadits
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 25 Sep 2018 06:40
Last Modified: 25 Sep 2018 06:40
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8280

Actions (login required)

View Item View Item