Hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin Ngaliyan Kota Semarang tahun pelajaran 2016/2017

Azka, Milati (2018) Hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin Ngaliyan Kota Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V M.I. Miftahul Akhlaqiyah Beringin Ngaliyan Kota Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh perbedaan pola asuh orang tua yang memengaruhi kecerdasan interpersonal anak. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V M.I. Miftahul Akhlaqiyah Beringin Ngaliyan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di M.I. Miftahul Akhlaqiyah Beringin Ngaliyan Kota Semarang. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret implementasi pola asuh demokratis orang tua. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif, dengan variabel bebas pola asuh demokratis orang tua sedangkan variabel terikatnya kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memeroleh data pola asuh demokratis orang tua dan angket kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik menggunakan rumus regresi. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pola asuh demokratis orang tua di M.I. Miftahul Akhlaqiyah Beringin Ngaliyan Kota Semarang berada dalam kategori “baik”. Hal ini terlihat dari rata-rata pola asuh demokratis orang tua di M.I. Miftahul Akhlaqiyah Beringin Ngaliyan Kota Semarang yaitu 56,6 yang berada pada interval 55-66 dengan jumlah 55 peserta didik. (2) kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V M.I. Miftahul Akhlaqiyah Beringin Ngaliyan Kota Semarang berada dalam kategori “baik”. Hal ini terlihat dari rata-rata kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V M.I. Miftahul Akhlaqiyah Beringin Ngaliyan Kota Semarang yaitu 57,14 yang berada pada interval 54-69 dengan jumlah 55 peserta didik. (3) Terdapat hubungan positif dan siqnifikan variabel pola asuh demokratis orang tua dengan variabel kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V sebesar 0,371 atau 13,9%. berarti siqnifikan hipotesis diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSupriyono, WidodoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola asuh demokratis; Kecerdasan interpersonal
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 25 Sep 2018 06:43
Last Modified: 25 Sep 2018 06:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8281

Actions (login required)

View Item View Item