Pengaruh strategi promosi terhadap citra sekolah di TK HJ Isriati Baiturrahman 1 Semarang

Sari, Adhka Rikha (2018) Pengaruh strategi promosi terhadap citra sekolah di TK HJ Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img] Text
123311002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Masalah yang sering dijumpai pada TK Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang adalah promosi sekolah yang kurang mengikuti zaman, dimana banyak sekolah yang sudah melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial seperti internet. Akan tetapi TK Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang kurang memanfaatkan media internet sebagai promosi. Penyebabnya berdampak pada jumlah siswa TK Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang yang masuk kurang maksimal. Dalam strategi promosi seharusnya guru-guru dibekali skill sehingga mereka bisa menggunakan media internet dengan baik. Dengan demikian strategi promosi akan memberikan dampak positif bagi citra sekolah. Permasalahannya seberapa besarkah strategi promosi di TK Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang, seberapa besar citra sekolah di TK Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang, dan seberapa besar pengaruh strategi promosi terhadap citra sekolah di TK Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel berjumlah 123 orang tua siswa dari jumlah populasi 164 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket. Setelah data terkumpul dari angket, kemudian data diolah dan dianalisis menggunakan metode korelasi dan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari strategi promosi sebesar 69,46 berada pada internal 63-75 yang berarti strategi promosi di TK Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang adalah tergolong cukup. Nilai rata-rata dari citra sekolah sebesar 78,65 yang berada pada interval 70-86 yang berarti citra sekolah di TK Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang adalah tergolong cukup. Strategi promosi mempunyai pengaruh terhadap citra sekolah di TK Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang karena hasil F sebesar 54,039 > Ftabel 3,94 pada taraf signifikan 5%. Selanjutnya berdasarkan hitungan R squar menunjukkan bahwa sumbangan efektif dari strategi promosi terhadap citra sekolah di TK Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang adalah sebesar 30.9% dan sisanya 60,91% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang bukan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini. Penemuan tersebut dapat memberikan acuan bagi lembaga dalam memperbaiki dan meningkatkan strategi promosi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFahrurozi, FahruroziUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyudi, WahyudiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi; Citra Sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 25 Sep 2018 06:53
Last Modified: 25 Sep 2018 06:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8287

Actions (login required)

View Item View Item