Manajemen kesenian rebana SMP N 14 Semarang

Kustama, Abi (2018) Manajemen kesenian rebana SMP N 14 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133311021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang manajemen kesenian rebana SMP N 14 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti tentang pengelolaan ekstra kurikuler kesenian rebana di sekolah tersebut yang sering meraih prestasi atau kejuaraan kesenian rebana. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan: (1) Bagaimana perencanaan kesenian rebana di SMP N 14 Semarang. (2) Bagaimana pelaksanaan kesenian rebana di SMP N 14 Semarang. (3) Bagaimana evaluasi kesenian rebana di SMP N 14 Semarang. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP N 14 Semarang. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret implementasi pengelolaan kegiatan ekstra kurikuler kesenian rebana. Datanya diperoleh dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dalam perencanaan, seluruh pengelola kegiatan ekstra kurikuler kesenian rebana di SMP N 14 Semarang mampu merencanakan tugasnya dengan baik. Diantaranya memuat visi dan misi, tujuan, rencana program kegiatan, peraturan yang berlaku, jadwal dan tempat latihan, pedoman atau acuan, target, landasan dasar. (2) Dalam pelaksanaan, memuat struktur organisasi, pembagian tugas baik dalam organisasi maupun pada alat musik, strategi pengelolaan dan menghadapi perlombaan, metode pengelolaan yang terdiri dari pengelolaan latihan, menghadapi perlombaan dan pembelajaran kesenian musik rebana, pembinaan kegiatan; siswa, pelatih, jadwal latihan terdiri dari rutinitas dan pemadatan, kegiatan rutin terbagi menjadi kegiatan rutin perlombaan dan kegiatan rutin sekolah, motivasi, dan pemberian serta pemenuhan sarana dan prasarana, fasilitas dan prestasi. (3) Dalam evaluasi, meliputi pelaksanaan penilaian hasil dan menentukan tindak lanjut. Evaluasi dilakukan secara periode satu semester dan setiap selesai latihan untuk evaluasi siswa. Saran: Untuk dapat mengembangkan lebih baik lagi supaya lebih optimal, khususnya pada penganggaran dana untuk kegiatan, dan memenuhi keinginan serta kebutuhan dalam kegiatan ekstra kurikuler kesenian rebana, pembinaan kedisiplinan, penambahan waktu untuk latihan, dan pelaksanaan rekaman studio agar eksistensi kesenian rebana SMP N 14 Semarang meningkat dan tetap terjaga.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFahrurozi, FahruroziUNSPECIFIED
Thesis advisorSyukur, FatahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen sekolah; Kesenian Islam; Rebana; Ekstra kurikuler
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 25 Sep 2018 07:00
Last Modified: 25 Sep 2018 07:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8291

Actions (login required)

View Item View Item