Implementasi kebijakan kurikulum muatan lokal dalam membentuk pribadi berakhlaq mulia di MI NU Banat Kudus

Fitriyani, Faridha Naili (2018) Implementasi kebijakan kurikulum muatan lokal dalam membentuk pribadi berakhlaq mulia di MI NU Banat Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER DLL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (128kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi kebijakan kurikulum muatan lokal dalam membentuk pribadi berakhlaq mulia di MI NU Banat Kudus. Kajian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh MI NU Banat Kudus mengambil kebijakan mengimplementasikan kurikulum muatan lokal yang berbasis agama. Hal ini merupakan salah satu cara yang bertujuan untuk menanggulangi permasalahan perkembangan anak. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) kebijakan kurikulum muatan lokal dalam membentuk pribadi berakhlaq mulia di MI NU Banat Kudus? (2) Bagaimana Implikasi dari kebijakan kurikulum muatan lokal di MI NU Banat Kudus? Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan kurikulum muatan lokal di MI NU Banat Kudus selama ini telah dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran. Muatan lokal dalam pendidikan menunjuk pada karakteristik atau bobot yang bersifat lokal yang secara sadar dan sistemik memberikan corak pada bagaimana kurikulum diimplementasikan sesuai dengan kemampuan, daya dukung, kepentingan lokal. Implementasi kebijakan kurikulum muatan lokal dalam membentuk pribadi berakhlaq mulia khususnya materi akhlaq dalam mata pelajaran diterapkan diseluruh jenjang kelas. Pelaksanaan kurikulum muatan lokal agar dapat ditambahkan waktu pembelajaran kepada peserta didik, serta dapat ditambah dengan menerapkan pembiasaan yang baik seperti kedisiplinan, saling tolong menolong, kerapian, peduli lingkungan dan sosial, sehingga peserta didik terbiasa hingga mereka dewasa. Skripsi ini membahas tentang implementasi kebijakan kurikulum muatan lokal dalam membentuk pribadi berakhlaq mulia di MI NU Banat Kudus. Kajian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh MI NU Banat Kudus mengambil kebijakan mengimplementasikan kurikulum muatan lokal yang berbasis agama. Hal ini merupakan salah satu cara yang bertujuan untuk menanggulangi permasalahan perkembangan anak. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) kebijakan kurikulum muatan lokal dalam membentuk pribadi berakhlaq mulia di MI NU Banat Kudus? (2) Bagaimana Implikasi dari kebijakan kurikulum muatan lokal di MI NU Banat Kudus? Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan kurikulum muatan lokal di MI NU Banat Kudus selama ini telah dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran. Muatan lokal dalam pendidikan menunjuk pada karakteristik atau bobot yang bersifat lokal yang secara sadar dan sistemik memberikan corak pada bagaimana kurikulum diimplementasikan sesuai dengan kemampuan, daya dukung, kepentingan lokal. Implementasi kebijakan kurikulum muatan lokal dalam membentuk pribadi berakhlaq mulia khususnya materi akhlaq dalam mata pelajaran diterapkan diseluruh jenjang kelas. Pelaksanaan kurikulum muatan lokal agar dapat ditambahkan waktu pembelajaran kepada peserta didik, serta dapat ditambah dengan menerapkan pembiasaan yang baik seperti kedisiplinan, saling tolong menolong, kerapian, peduli lingkungan dan sosial, sehingga peserta didik terbiasa hingga mereka dewasa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMusthofa, MusthofaUNSPECIFIED
Thesis advisorFatkuroji, FatkurojiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Muatan lokal; Pendidikan akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 02 Oct 2018 06:05
Last Modified: 02 Oct 2018 06:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8296

Actions (login required)

View Item View Item