Pengaruh persepsi siswa mengenai pelayanan perpustakaan terhadap minat baca siswa di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang

Khoiriyah, Siti (2018) Pengaruh persepsi siswa mengenai pelayanan perpustakaan terhadap minat baca siswa di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133311056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelayanan perpustakaan diharapkan akan menjadikan perpustakaan sebagai tempat sarana informasi yang selalu diperlukan oleh peserta didik dan semakin menumbuhkan minat baca siswa. Dari aspek ini diduga belum optimalnya upaya pelayanan perpustakaan di MI Darul Ulum Semarang. Penelitian di dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) seberapa besar pengaruh persepsi siswa mengenai pelayanan perpustakaan di MI Darul Ulum Semarang? (2) seberapa besar minat baca siswa di perpustakaan MI Darul Ulum? (3) Adakah pengaruh persepsi siswa mengenai pelayanan perpustakaan terhadap minat baca siswa di MI Darul Ulum? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa mengenai pelayanan perpustakaan yaitu 101,99 dikategorikan cukup baik. (2) Minat baca siswa yaitu 54,6 dikategorikan cukup baik. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi siswa mengenai pelayanan perpustakaan terhadap minat baca siswa di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Dari uji korelasi product moment diketahui bahwa rxy = 0,614>rtabel dengan taraf signifikansi 5% = 0,219. Hal ini menunjukkan bahwa antara kedua variabel memiliki korelasi, karena rxy > rtabel. Dari hasil perhitungan regresi juga menunjukkan hasil yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari analisis regresi sederhana, diperoleh Freg = 47,853 dan Ftabel = 3,96. Jika dibandingkan maka Freg > Ftabel. Hal ini juga ditunjukkan dengan persamaan garis regresi = 0,507+0,530X dan sumbangan 37,7%. Jadi dapat dikatakan bahwa persepsi siswa mengenai pelayanan perpustakaan mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat baca siswa di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan informasi dan masukan bagi pihak yang terlibat dalam pelayanan perpustakaan supaya meningkatkan pelayanan untuk menjadi lebih baik lagi, agar setiap siswa maupun guru tetap merasa puas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFahrurrozi, FahrurroziUNSPECIFIED
Thesis advisorMusthofa, MusthofaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelayanan perpustakaan; Minat baca
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 02 Oct 2018 06:08
Last Modified: 02 Oct 2018 06:08
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8297

Actions (login required)

View Item View Item