Manajemen kurikulum Islam terpadu di SD IT Al-Firdaus Gubug Grobogan

Atmojo, Muhammad Nur Edy Doso (2018) Manajemen kurikulum Islam terpadu di SD IT Al-Firdaus Gubug Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123311032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang manajemen kurikulum Islam Terpadu di SD IT Al-Firdaus Gubug Grobogan. Kajian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan anak sejak usia dini untuk menghasilkan peserta didik yang taat beribadah sesuai dengan ajaran agama Islam, dan mampu menerapkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan kurikulum Islam Terpadu di SD IT Al-Firdaus Gubug, (2) Pelaksanaan kurikulum Islam Terpadu di SD IT Al-Firdaus Gubug, (3) Evaluasi kurikulum Islam Terpadu di SD IT Al-Firdaus Gubug. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Dalam perencanaan kurikulum Islam Terpadu di SD IT Al-Firdaus Gubug pihak sekolah memilih program pengembangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat. (2) Dalam pelaksanaan kurikulum Islam Terpadu di SD IT Al-Firdaus Gubug dilakukan dengan dua metode pertama memasukkan nilai-nilai keislaman pada setiap kegiatan belajar mengajar dengan pengetahuan umum sesuai dengan ketentuan yang ada, kedua kegiatan pengembangan melalui program sekolah dan pengembangan muatan lokal. (3) Dalam evaluasi kurikulum Islam Terpadu di SD IT Al-Firdaus Gubug dilakukan dengan cara mengadakan rapat koordinasi pada setiap akhir pekan yang didalamnya membahas masalah selama satu minggu yang sudah vi dilalui dan evaluasi yang akan diberikan selama satu minggu yang akan datang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada : (1) semua pendidik harus selalu mencari pembaharuan dan penegtahuan agar setiap kegiatan belajar mengajar peserta didik sebagai sasarannya bisa mendpatkan sesuai dengan perkembangan jaman (2) Berkaitan dengan sarana dan prasarana maka harus menambah ruang kepala sekolah karena ruang kepala sekolah masih di rumah orang laindan belum punya ruangan sendiri (3) Pihak sekolah diharapkan bisa membuka peserta didik yang lebih banyak yang sebelumnya dua kelas mungkin bisa ditambah lagi (4) Dari yayasan, kepala sekolah dan pendidik diharapkan meningkatkan sumber daya manusia agar kedepan bisa memajukan sekolah yang didirikan bisa dilirik masyarakat luas sehingga para orang tua senang menyekolahkan anaknya ke SD IT Al-Firdaus Gubug.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorDanusiri, DanusiriUNSPECIFIED
Thesis advisorFahrurrozi, FahrurroziUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum; Kurikulum Islam Terpadu
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 26 Sep 2018 08:13
Last Modified: 26 Sep 2018 08:13
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8300

Actions (login required)

View Item View Item