Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi siswa melalui motivasi belajar di MTS Samailul Huda Mlaten Demak

Setianingsih, Yani (2018) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi siswa melalui motivasi belajar di MTS Samailul Huda Mlaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133311042.pdf]
Preview
Text
133311042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa prestasi siswa di MTs Samailul Huda Mlaten Demak belum optimal dan motivasi belajar yang dimiliki siswa juga masih rendah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar, menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi siswa, menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa, dan menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi siswa melalui motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar sebesar 6,5% dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,255, terdapat pengaruh signifikan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi siswa sebesar 6% dengan koefisien jalur sebesar 0,245, terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi siswa sebesar 5,4% dengan koefisien jalur sebesar 0,232, dan terdapat pengaruh signifikan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi siswa melalui motivasi belajar, dibuktikan dengan pengaruh tidak langsung variabel X1 terhadap variabel Y melalui variabel X2 sebesar 0,06 dan pengaruh total (total effect) variabel X1 terhadap X2 dan Y sebesar 0,305.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru; Motivasi Belajar; Prestasi Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 26 Sep 2018 08:25
Last Modified: 26 Sep 2018 08:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8307

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics