Pengembangan strategi pemasaran pendidikan di SMP Islam Ngadirejo Temanggung

Ilmiyah, Sani Marzuqotul (2017) Pengembangan strategi pemasaran pendidikan di SMP Islam Ngadirejo Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133311077.pdf]
Preview
Text
133311077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin kompetitif merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam menentukan strategi pemasaran pendidikan, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran pendidikan yang berdaya saing agar eksistensi lembaga tetap terjaga. SMP Islam Ngadirejo merupakan sekolah swasta yang berdiri dalam lingkungan sekolah negeri, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang kompetitif dalam menghadapi persaingan dengan sekolah yang ada dilingkungannya. Permasalahan Studi ini dimaksud untuk menjawab permasalahan: (1)Bagaimana implementasi strategi pemasaran pendidikan yang diterapkan di SMP Islam Ngadirejo? (2) Bagaimana Analisis SWOT strategi pemasaran pendidikan di SMP Islam Ngadirejo? Permasalahan tersebut dibahas dalam studi lapangan yang dilaksanakan di SMP Islam Ngadirejo.
Jenis penelitian menggunakan penelitian campuran yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis SWOT kuantitatif. Teknik pengumpulan data: wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi strategi pemasaran yang diterapkan di SMP Islam Ngadirejo yaitu dengan mengidentifikasi segmentasi pasar,targeting dan positioning, menonjolkan differensiasi, serta menerapkan teori bauran pemasaran. (2) hasil analisis SWOT strategi pemasaran pendidikan di SMP Islam menunjukkan hasil pada kuadran I (positif) yakni sekolah menghadapi berbagai peluang lingkungan dan memiliki berbagai peluang kekuatan yang mendorong pemanfaatan berbagai peluang tersebut. Strategi yang harus diterapkan ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Analisis SWOT; Pemasaran pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 26 Sep 2018 08:29
Last Modified: 26 Sep 2018 08:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8310

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics